Kelompok Seni Mahadin Banjarmasin Tampil Di Pekanbaru

id kelompok seni, mahadin banjarmasin, tampil di pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kelompok Seni Mahidin, sejenis seni bercerita dan berbalas pantun diiringi musik, asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan bernama "Jhon Tralala" tampil di Anjungan Seni Idrus Tintin Gedung Purna MTQ Pekanbaru, Kamis malam.

"Dalam Aruh Ganal Pentas Seni Budaya Banjar tampil Jhon Tralala, grup asli dari Banjarmasin. Ini sumbangan dari Gubernur Kalsel Rudi Arryfin," kata Bendahara Keluarga Besar Banjar (KBB) Pekanbaru, Cory Kusumagiri.

Jhon Tralala beranggotakan tiga orang, grup lawak ini telah dua kali menjuarai lomba lawak tingkat nasional, terakhir pada tahun 2001 silam. Konsep lawakannya sekaligus mengenalkan budaya daerah Banjarmasin yang bernuansa humor.

Dia mengatakan bahwa pertunjukan itu adalah acara puncak dari serangkaian kegiatan pengukuhan KBB Riau dan Pekanbaru sejak Rabu lalu (29/7). Selain Mahidin, seni tradisional Musik Panting khas Banjar juga akan menghiasi pentas budaya tersebut.

Dikatakannya bahwa dalam pentas ini, Gubernur Kalsel juga akan hadir. Selain itu akan ada Bupati Tembilahan, Muhammad Wardandan, kepala dinas,, perwakilan lembaga adat, dan masyarakat riau.

"Undangan yang kita sebar sekitar 500. Yang hadir masyarakat Suku Banjar dan masyarakat lainnya juga boleh datang," imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan ini digelar agar suku Banjar di Riau dan Pekanbaru pada khususnya dapat membaur. Saat ini lebih dari 5 ribu Suku Banjar berada di Riau dan mayoritas berada di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir.

Sebelumnya pada Kamis sore, KBB Pekanbaru juga mengadakan bazar di Lapangan Gedung Purna MTQ. Dalam bazar itu disajikan kuliner khas Banjar, Busana Muslim, dan Hiburan Musik Melayu dan Banjar.