KPU Dumai Siapkan Anggaran Publikasi Pilkada

id kpu dumai, siapkan anggaran, publikasi pilkada

KPU Dumai Siapkan Anggaran Publikasi Pilkada

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai, Provinsi Riau menyiapkan anggaran ratusan juta rupiah untuk publikasi dan sosialisasi kegiatan untuk seluruh tahapan Pemilu kepala daerah setempat Desember 2015.

Sekretaris Kantor KPU Dumai Zahedi mengakui kesiapan alokasi anggaran publikasi kegiatan Pilkada ini untuk mendukung lancar dan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan sekali tersebut.

"Untuk publikasi dianggarkan sekitar seratusan juta rupiah agar seluruh kegiatan tahapan Pilkada dapat diketahui luas oleh masyarakat," katanya, Minggu.

Dijelaskan dia, anggaran itu sudah disusun berdasarkan per tahapan dan akan bekerjasama dengan sejumlah media massa seperti surat kabar, elektronik radio maupun televisi serta lain sebagainya.

Selain itu, dana tersebut juga diperuntukkan guna mendukung penyelenggaraan ruang media center yang sudah dibentuk di Kantor Sekretariat KPU Dumai di Jalan HR Subrantas.

"Termasuk untuk pengadaan ruang media center yang dibentuk KPU, tapi teknis penggunaan anggaran publikasi ini oleh komisioner," ujarnya.

Sementara Ketua KPU Dumai Darwis juga mengakui pelaksanaan Pilkada yang sudah memasuki tahapan tes kesehatan pasangan calon kepala daerah ini dianggarkan dana untuk menyebarluaskan informasi kegiatan ke masyarakat.

Meski enggan menyebutkan nominal anggaran, namun dia mengaku nantinya penggunaan dana ini akan menggandeng sejumlah media massa tertentu yang terlebih dahlulu diseleksi untuk menyiarkan informasi .

"Kita mengatur kerjasama media massa yang akan membantu publikasi dan sosialisasi Pilkada ini dengan seleksi, karena semuanya pasti mau," terang dia.

Terkait pelaksanaan Pilkada, KPU menyatakan bahwa lima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota menjalani tes kesehatan jasmani, rohani dan urine di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru Sabtu ini.

Lima pasang calon kepala daerah ini yaitu, Abdul Kasim-Nuraini didukung PAN, PBB dan PKPI, Zulkifli AS-Eko Suharjo dengan partai pengusung Gerindra, Demokrat, PKB dan Nasdem, kemudian Amris-Sakti yang maju melalui jalur perseorangan.

Selanjutnya, pasangan calon Muhammad Ikhsan-Yanti Komala dengan dukungan koalisi PKS dan Golkar, serta pasangan yang terakhir mendaftar yaitu calon petahana Wakil Wali Kota Dumai Agus Widayat-Maman Supriyadi didukung PDIP dan Hanura.