Kapal Perang Amerika Serikat Ada Di Bali

id kapal perang, amerika serikat, ada di bali

Kapal Perang Amerika Serikat Ada Di Bali

Denpasar, (Antarariau.com) - Kapal perang Amerika Serikat (AS) USS BonHomme-Richard Lhd 6 merapat di perairan Benoa, Kota Denpasar, Bali selama tiga hari dalam rangka kerja sama kelautan Indonesia-Amerika.

Kapal perang yang dinahkodai oleh Rear Admiral (Laksaman Muda) Hugh D Wetherald merapat di perairan Bali sejak Minggu dan rencananya meninggalkan Bali Selasa sore (4/8).

Hasil pemantauan Antara di lokasi Selasa pagi, kapal perang milik AS itu terlihat di tengah perairan kemudian bergerak menuju dermaga untuk bersandar.

Kehadiran kapal perang ini terkait hubungan kerja sama kelautan, kedua negara yang saling menguntungkan, khususnya antara Indonesia dan AS.

Kapal perang milik Amerika itu USS BonHomme-Richard Lhd 6 merupakan kapal wasp-class, atau sejenis kapal serbu amfibi.

Kapal yang dilengkapi dengan pesawat tempur jenis AV-8B Harrier sebanyak lima unit helikopter jenis MV-22B Osprey (42 unit) , helikopter jenis AH-1W Super Cobra (6 unit) , helikopter angkut jenis CH-53E Super Stallion (5 unit) dan helikopter untuk search and rescue jenis MH-60S Sea Hawk.

Selain mengangkut armada tempur, kapal perang yang diproduksi di galangan kapal Litton Industries , Pascagoula ,Mississippi pada bulan Maret tahun 1997.

Kapal AS tersebut juga dilengkapi dengan peralatan tempur canggih seperti 2 X Rudal NATO Sea Sparrow Surface Missile System (NSSMS) , 2 X Rudal RIM-116 Rolling Airframe Missile (RAM) , 2 X Phalanx CIWS , 3 X 25 mm Mk 38 cannons dan 4 X senapan mesin call 50 mm.

Kapal induk membawa tiga ribu personel Angkatan Laut (AL) termasuk 1.800 personel marinir dari United States Marine Corps (USMC).