Cawalkot Dumai Programkan Penanganan Persoalan Banjir

id cawalkot dumai, programkan penanganan, persoalan banjir

Cawalkot Dumai Programkan Penanganan Persoalan Banjir

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Bakal calon Wali Kota Dumai, Provinsi Riau dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Ikhsan di Dumai, Selasa, menilai persoalan banjir yang kerap melanda wilayah ini mendesak untuk ditangani serius demi masyarakat umum.

Menurutnya, kejadian banjir di Dumai terdiri dari berbagai jenis dan berbeda penanganan, yaitu banjir akibat air laut mengalami pasang dan merendami daratan sekitar.

Untuk penanganan jenis banjir ini, dia menilai dengan cara membuat pintu air dan tanggul di sejumlah titik rawan genangan air, serta dilakukan pengerukan di sekitar muara air.

"Banjir juga disebabkan karena drainase yang tidak berfungsi optimal, karena itu kita berencana membangunkan parit lebih terencana dengan matang," katanya.

Jenis banjir lainnya, lanjut dia, akibat faktor alam, yaitu air turun dari dataran tinggi ke daerah yang lebih rendah, terutama di kawasan hutan mengalami kerusakan atau kondisi gundul.

Penanggulangan jenis banjir ini, sebut dia, dengan cara menyerapkan air sebanyak mungkin ke tanah dan memprogramkan panen air hujan melalui pembuatan kolam atau waduk penampungan.

"Penanganan banjir akibat air turun dari dataran tinggi bisa juga dengan membentuk ruang terbuka hijau di rumah warga dan mendirikan sumur resapan di tempat rawan genangan air," jelasnya.

Bakal calon yang maju Pilkada Dumai bersama Yanti Komala ini memandang bahwa penanganan banjir termasuk program utama yang akan dijalankan nantinya ketika diberi kepercayaan memimpin oleh masyarakat pemilih.

Pembangunan drainase yang sudah ada sekarang, menurutnya akan lebih dioptimalkan agar banjir tidak lagi merendami ruas jalan umum, lingkungan dan pemukiman masyarakat.

Kader PKS ini bersama pasangan yang akan maju pilkada Desember mendatang ini telah dinyatakan lolos tes kesehatan oleh tim dokter IDI RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru dan dinilai tidak ada persoalan dengan kesehatan serta sudah memenuhi persyaratan.