Empat Negara Ikuti Pacu Jalur Kuantan

id empat negara, ikuti pacu, jalur kuantan

Empat Negara Ikuti Pacu Jalur Kuantan

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Iven pacu jalur (perahu) di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, akan diikuti oleh empat negara yaitu Korea Selatan, Malaysia, Singapura serta Filipina dan provinsi-provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Budparpora) Kuantan Singingi Marwan di Teluk Kuantan, Selasa, mengatakan, Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang 25-40 meter dengan lebar bagian tengah 1,3-1,5 meter terbuat dari kayu pohon.

Setiap tahunnya, iven itu digelar Agustus sebagai sebuah acara budaya masyarakat tradisional Kabupaten Kuantan Singingi, Riau bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perlombaan perahu itu diselenggarakan di Tepian Narosa Teluk Kuantan 20 hingga 23 Agustus 2015 dan diperkirakan akan ada seribuan atlet berlomba untuk menjadi yang terbaik.

Pacu jalur bukan saja bakal meriah karena diikuti oleh negara lain tapi juga sudah menggunakan sumber pendanaan dari APBD provinsi selain APBD Kuansing.

Hingga saat ini sebut Marwan, persiapan untuk iven itu sudah matang, bahkan tahapan penyelenggaraannya sudah dimulai, pada Juli dan Agustus berupa pacu jalur rayon di sejumlah kecamatan.

"Saya optimis acara tahunan Kuansing ini berjalan sukses, bahkan akan mendukung program wisata nasional," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Kuansing pada dasarnya berharap iven pacu jalur yang sudah digelar puluhan tahun di daerah itu bisa "Go Internasional" dengan demikian Kota Teluk Kuantan diyakini bakal menjadi salah satu ikon tujuan wisata.

Ia berharap masyarakat Kuansing terbuka dan menerima kedatangan tim maupun atlet dari berbagai daerah maupun negara lain dengan baik serta memberikan pelayanan optimal.

Menurut Marwan, Malaysia sesuai dengan info yang diterima akan mengirimkan dua tim pemacu terbaiknya yakni dari Johor dan Malaka.

Pengrajin Kuansing juga akan memasarkan cendera mata dan oleh- oleh khas daerah dan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.