Disdik Kuansing Terima Dana Rp3,9 Miliar

id disdik kuansing terima dana rp39 miliar

Disdik Kuansing Terima Dana Rp3,9 Miliar

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menerima kucuran dana sebesar Rp3,9 miliar pada tahun 2015 untuk kegiatan pembangunan sarana pendidikan.

"Dana itu bersumberkan dari APBD provinsi dan sudah masuk ke daerah, saat ini sedang dilakukan proses administrasi untuk kegiatan di sejumlah sekolah dimana pengelolaannya dengan sistim block grand," kata Plt Kadisdik Kuansing Jupirman melalui Kabid Sarana dan Prasarana Nasjuneri Putra di Teluk Kuantan, Sabtu.

Ia mengatakan, dengan adanya bantuan provinsi ini akan membantu peningkatan fasilitas pendidikan di sejumlah sekolah yang diharapkan tentunya akan mendorong proses belajar mengajar lebih optimal sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Dana dari provinsi itu akan langsung dikelola oleh pihak sekolah, setelah ditentukan sekolah mana yang bakal mendapatkannya.

Sementara untuk kegiatan pembangunan baru akan dicairkan langsung oleh pemerintah daerah, namun pihak Disdik berharap kegiatannya nantinya berjalan sukses tanpa ada pelanggaran hukum.

"Kami sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas perhatian provinsi dan meminta pihak sekolah mengelolanya dengan tepat sasaran," sebutnya.

Menurutnya, bantuan dana sebesar Rp3,9 miliar itu akan dipergunakan untuk pembangunan labor IPA SD (sebanyak dua sekolah), Pembangunan Labor Bahasa SMP dan pembangunan Labor Komputer SMP serta akan dilengkapi dengan peralatan yang lengkap sehingga langsung bisa difungsikan dengan baik oleh sekolah tersebut.

Jika melihat besar anggaran itu, diakuinya masih minim untuk menunjang kegiatan pendidikan di Kuansing, karena puluhan sekolah yang sangat membutuhkan, untuk itu langkah yang diambil oleh Disdik adalah menganalisa dan menilai sekolah mana yang benar -benar memerlukan pembangunan saat ini.

"Tahun depan bantuan provinsi akan diperuntukkan untuk sekolah lainnya di Kuansing jika pihak provinsi masih memberikan perhatian," ujarnya.

Bupati Kuantan Singingi Sukarmis sangat berharap dan berusaha keras memajukan pendidikan di daerah, sehingga tahun - tahun mendatang tingkat Sumber Daya Munusia Teluk Kuantan semakin baik, perhatian itu dengan mengucurkan dana APBD II selain memanfaatkan dana provinsi.

"Karena itu berbagai upaya peningkatan sarana pendidikan diutaman," ucapnya.