Calon Independen Dumai Berharap Bisa Jadi Penyejuk

id calon independen, dumai berharap, bisa jadi penyejuk

Calon Independen Dumai Berharap Bisa Jadi Penyejuk

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Calon Wali Kota Dumai Riau yang maju dari jalur independen, Amris, berharap nomor urut tiga dalam pilkada mendatang bisa menjadi penyejuk bagi empat kandidat lain yang diusung koalisi partai politik.

"Semua angka itu bagus, dan nomor urut tiga ini artinya kita berada di tengah empat kandidat lain, semoga bisa menjadi penyejuk karena calon independen," katanya usai melakukan pencabutan nomor urut peserta pilkada, Selasa.

Sementara, kandidat Wali Kota Agus Widayat juga merasa yakin dan optimistis bisa memenangi pemilu kepala daerah dengan nomor urut lima karena sesuai Pancasila dan rukun Islam.

Menurut calon petahana yang merupakan mantan wakil wali kota Dumai ini, nomor urut lima yang diraih usai mencabut nomor undian karena mencerminkan nasionalis dan agamis.

"Nomor lima ini sangat bagus dan angka keberuntungan karena rasa nasionalisme berlandaskan Pancasila dan mencerminkan lima dasar tuntunan agama Islam," ujarnya.

Lima pasang calon wali kota dan wakil wali kota Dumai Riau resmi memiliki nomor urut yang akan digunakan dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah, usai melakukan pencabutan undian (Selasa, 25/8).

Tahap pencabutan undian yang dipimpin Ketua KPU Dumai Darwis ini dilakukan dengan cara memanggil semua calon wakil wali kota dimulai dari pendaftar terakhir hingga yang pertama.

Dalam proses pencabutan nomor undian yang dihadiri lengkap seluruh calon ini, pasangan lainnya, yakni Muhammad Ikhsan-Yanti Komala yang didukung koalisi PKS dan Golkar mendapat nomor urut 1.

Kemudian, Zulkifli AS-Eko Suharjo yang memiliki paling banyak dukungan partai politik, yaitu Gerindra, Nasdem, Demokrat dan PKB mendapat undian nomor urut 2.

Pasangan calon terakhir yaitu dua anggota DPRD Dumai aktif, Abdul Kasim-Nuraini yang diusung PAN, PBB dan PKPI ini dalam pengundian nomor urut meraih angka 4.

"Pleno sekaligus menetapkan nomor urut lima pasang calon peserta pilkada dan selanjutnya akan dilaksanakan deklarasi kampanye damai," kata Darwis.

KPU pada Senin (24/8) sudah menetapkan peserta yang lolos maju dalam Pilkada Dumai sebanyak lima pasang calon, selanjutnya dijadwalkan deklarasi dan pawai kampanye damai serta tahapan lainnya.