Satgas Gelar Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla Riau

id satgas, gelar rapat, evaluasi, penanganan karhutla riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Terpadu Kebakaran Hutan dan Lahan Riau menggelar rapat evaluasi penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di daerah tersebut.

Rapat evaluasi yang dipusatkan di Posko Satgas Landasan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kamis, dipimpin oleh Komandan Resort Militer 031/WB Brigjen TNI Nurendi dan dihadiri oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud RSN Pekanbaru, Kolonel Pnb Rizwar mengatakan bahwa rapat ini nantinya bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Satgas yang terdiri dari BPBD Riau, TNI/Polri, Manggala Agni dan BMKG dalam mengatasi bencana kabut asap di Riau.

"Dari rapat evaluasi ini nantinya diputuskan apakah Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau diperpanjang," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, rapat evaluasi masih terus berlangsung dengan agenda pemaparan masing-masing pimpinan instansi.

Sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meminta Gubernur Riau untuk segera memperpanjang masa Siaga Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan yang akan habis berlakunya pada 31 Agustus 2015, karena mempertimbangkan risiko kebakaran yang masih ada hingga bulan Oktober.

Menanggapi permintaan perpanjangan status siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edward Sanger, mengatakan Pemprov Riau akan mengkaji opsi perpanjangan status Siaga Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan.

"Sebelum mengambil keputusan, kami membutuhkan rekomendasi dari instansi terkait seperti dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika serta dari pemerintah daerah di kabupaten/kota," kata Edward Sanger, kepada Antara.