KPU Dumai Kumpulkan Saran Untuk Lokasi APK

id kpu dumai, kumpulkan saran, untuk lokasi apk

KPU Dumai Kumpulkan Saran Untuk Lokasi APK

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai, Provinsi Riau, masih mengumpulkan saran dan pendapat dari tim pemenangan lima pasang calon wali kota untuk lokasi penempatan alat peraga kampanye.

Komisioner KPU Dumai Robi Aslam menyampaikan, alat peraga kampanye saat ini masih dicetak oleh pemenang tender dan nantinya akan disebar di 33 kelurahan 7 kecamatan daerah itu.

"Kita meminta pendapat tim pemenangan calon untuk titik pemasangan alat peraga kampanye yang dianggap tepat dan mudah dilihat oleh masyarakat umum," kata Robi Kamis.

Menurutnya, untuk penyediaan alat peraga kampanye yang ditanggung sepenuhnya KPU, telah disiapkan anggaran sekitar kurang lebih Rp1 miliar dan dilelang sesuai prosedur pelelangan pemerintah.

Saat ini alat peraga kampanye masih dalam proses percetakan dan diharapkan secepatnya bisa selesai supaya pemasangan dapat segera dilakukan sesuai lokasi yang ditentukan.

"Alat peraga kampanye yang disiapkan KPU meliputi lima lembar baliho, 20 umbul umbul dan 66 spanduk yang akan disebar di semua kelurahan," ungkapnya.

Dia menambahkan, pasangan calon dan tim hanya dibenarkan mengadakan sendiri alat peraga kampanye berbentuk kaos, kalender, mug, pulpen, topi, pin ataupun pernik lain dengan maksimal senilai Rp25 ribu.

Disamping itu, KPU juga dalam waktu dekat ini bersama Panwas dan instansi terkait di pemerintahan akan melakukan penertiban alat peraga kampanye yang dipasang para calon wali kota di sejumlah fasilitas publik.

Karena itu dia minta pasangan calon dan tim untuk segera menurunkan alat peraga kampanye yang dipasang diluar ketentuan KPU agar pelaksanaan pemilu kepala daerah berjalan sesuai aturan.

"Untuk jadwal pemasangan sudah ditetapkan dan agar tertib kita juga berkoordinasi dengan pihak pemerintah kelurahan dan kecamatan di Dumai," terangnya.

Diketahui, KPU Dumai telah menyelesaikan berbagai tahapan pelaksanaan Pilkada, diantaranya, penetapan lima pasangan calon lolos, pengundian nomor urut dan deklarasi kampanye damai.