Bupati: Kampar Aman Dari Kebakaran Lahan

id bupati kampar, aman dari, kebakaran lahan

Bupati: Kampar Aman Dari Kebakaran Lahan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bupati Kampar, Provinsi Riau Jefry Noer menyatakan daerahnya sejauh ini masih aman dari peristiwa kebakaran hutan dan lahan namun masih ada kabut asap yang disebabkan kebakaran lahan di luar daerah.

"Jadi asap di Kampar bukan berasal dari kebakaran di daerah ini," kata Jefry kepada pers di Pekanbaru, Kamis.

Ketika itu Jefry menghadiri Rapat Evaluasi Penanggulangan Kebakaran hutan dan lahan Karhutla) se Riau di Gedung Arjuna Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Pada pertemuan ini juga hadir Danrem 031 WB Nurendi, Danlanud Henry Alfiandi, Kepala BPBD Riau Ed Sanger serta mewakili Kapolda Riau Karo Ops Polda Riau Kombes (Pol) Edi Setio BS.

Jefry mengatakan, menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat ini kasus karhutla tidak begitu banyak sehingga Kampar cukup aman.

Walau demikian, lanjutnya, perlu dilakukan pengawasan dan koordinasi secara berkelanjutan kepada seluruh tim atau satgas untuk mengantisipasi karhutla karena segala sesuatu dapat saja terjadi jika tidak waspada.

Jefry menjelaskan, Kampar aman dari kejadian karhutla berkat kerjasama seluruh dinas terkait termasuk satgas-satgas yang sudah berkerja keras memadamkan api serta menghilangkan asap di seluruh wilayah di Kampar termasuk masyarakat yang sudah ikut peduli terhadap bahaya karhutla.

"Namun yang perlu dilakukan adalah tetap mengantisipasi gejolak-gejolak karhutla dengan berkoordinasi bersama tim karhutla yang terdiri dari satgas-satgas yang ada," katanya.

Kepala BPBD Kampar Irtarius menjelaskan bahwa menurut laporan hari ini terjadi satu titik kebakaran lahan di lokasi desa Rimbo Panjang, dan sudah diturunkan tim untuk melakukan tindakan pemadaman.

Mengenai kabut asap yang ada saat ini, Irtarius mengatakan hal itu merupakan asap kiriman dari provinsi tetangga yakni Jambi dan Sumatera Selatan.

"Kami akui bahwa di beberapa kabupaten di Riau terpantau titik api dan asap namun pagi ini sudah ditanggulangi oleh satgas gabungan dan sudah sebahagian besar sudah dipandamkan hanya tinggal di Kabupaten Kuantan Singingi dan Rokan hilir masing-masing satu titik api," kata Irtarus. (Adv)