Bandara Dumai Siapkan Perizinan Rute Penerbangan Baru

id bandara, dumai siapkan, perizinan rute, penerbangan baru

 Bandara Dumai Siapkan Perizinan Rute Penerbangan Baru

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Otoritas Bandar Udara Pinang Kampai Kota Dumai, Provinsi Riau, tengah mempersiapkan izin prinsip rencana pembukaan rute penerbangan komersiil baru, Dumai-Medan, dengan dua maskapai.

Kepala Bandara Pinang Kampai Dishub Dumai Catur Hargowo di Dumai, Jumat, menyebutkan untuk rute Dumai-Medan dijadwalkan mulai terbang perdana pada November 2015 sehingga perizinan terus diselesaikan.

"Rute terbang Dumai-Medan dianggap prospeknya bagus untuk bisnis transportasi udara karena potensi penumpang berasal dari kalangan pelaku usaha dan masyarakat umum," katanya.

Dia menjelaskan penerbangan rute baru ke Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara itu akan dilayani oleh dua maskapai yang sebelumnya sudah beroperasi di Bandara Pinang Kampai Dumai, yaitu Pelita Air dan Trans Nusa.

Ia menjelaskan dua maskapai itu telah melayani penerbangan rute Dumai-Jakarta dan Dumai-Batam pulang pergi dengan tiga hingga enam kali terbang dalam sepekan.

"Pembukaan rute penerbangan baru ini merupakan upaya pengembangan bandara menjadi lebih efisien sebagai alternatif pelayanan transportasi massal bagi masyarakat umum," katanya.

Hal itu, katanya, juga merupakan suatu upaya pihaknya untuk menjadikan Pinang Kampai sebagai bandara umum yang kini masih berstatus khusus karena hak pinjam pakai dari PT Pertamina.

Kabid Perhubungan Udara Dishub Dumai Irawan Sukma menyebutkan menjadikan bandara umum membutuhkan pendanaan besar mencapai ratusan miliar rupiah karena harus melengkapi fasilitas publik sebagai pendukung, seperti jalur pacu, lahan parkir, dan pagar.

"Menjadikan bandara umum agar Dumai memiliki sarana di bidang transportasi massal yang mencukupi dalam mendukung kemajuan pembangunan dan ekonomi daerah," katanya.