Liu Persembahkan Emas Pertama Bagi Tiongkok

id liu, persembahkan emas, pertama bagi tiongkok

 Liu Persembahkan Emas Pertama Bagi Tiongkok

Beijing, (Antarariau.com) - Pemegang rekor dunia Liu Hong menjuarai nomor 20km jalan cepat putri untuk memberi tuan rumah Tiongkok medali emas pertama pada kejuaraan dunia atletik di Beijing, Jumat.

Atlet yang dijagokan meraih gelar itu melesat sejak awal bersama rekan senegaranya Lu Xiuzhi. Kedua atlet itu membangun keunggulan jauh dalam cuaca pagi Beijing yang panas terik, tapi Liu terbukti lebih tangguh dan memenangi lomba dalam waktu satu jam 27,45 menit, sementara Lu tepat di belakangnya.

Sorakan yang sangat meriah menyambut Liu dan Lu saat mereka memasuki Stadion Sarang Burung, untuk mencapai finis di urutan satu dan dua bagi Tiongkok, yang baru meraih tiga medali perak dan satu perunggu selama enam hari pertama kejuaraan itu.

Atlet Ukraina Lyudmyla Olyanovska meraih medali perunggu dengan terpaut 28 detik.

Liu sebelumnya sudah memenagi dua medali perunggu dan satu perak pada kejuaraan dunia, dikalahkan dalam perebutan emas pada kejuaraan 2011 oleh atlet Rusia Olga Kaniskina, yang sejak saat itu dihukum karena doping.

Atlet 28 tahun Liu, dari provinsi Tiongkok selatan, Jiangxi, mencapai finis di urutan keempat pada Olimpiade Beijing 2008.