13 Desa Di Indragiri Hulu Menerima RSLH

id 13 desa di indragiri hulu menerima rslh

Rengat, (Antarariau.com) - Sebanyak 13 desa di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menerima program kucuran dana untuk pembangunan rumah sederhana layak huni dari pemerintah tahun 2015.

"Program rumah sederhana layak huni (RSLH) itu untuk menimalisasi warga yang belum memiliki rumah layak setiap tahun tetap di anggarakan," kata Kepala Seksi Perumahan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum Indragiri Hulu Yustinus Ari Wibowo di Rengat, Jumat.

Ia mengatakan, di Indragiri Hulu ada 178 desa, namun hanya delapan persen yang mendapatkan bantuan pembangunan rumah tersebut.

Minimnya desa yang mendapatkannya dikarenakan kecilnya anggaran setiap tahun untuk perogram (RSLH) yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Inhu tahun 2015.

Setiap desa mendapatkan 10 unit rumah dengan alokasi dana sebesar Rp40 juta per rumah dan dibangun pada Tahun anggaran berjalan, walaupun demikian juga diharapkan warga yang menerima bantuan sebaiknya benar - benar memanfaatkannya sebaik mungkin.

" Program itu diharapkan berjalan lancar dan tidak terjadi penyimpangan," tegasnya.

Menurutnya, desa yang mendapat bantuan tersebut berasal dari enam kecamatan, antara lain Desa Kampung Besar Seberang, Sungai Raya dan Kuantan Babu Kecamatan Rengat, Danau Baru, Tani Makmur dan Redang Kecamatan Rengat Barat, Desa Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu.

Kemudian, Desa Pasir Beringin, Simpang Kota Medan, Kecamatan Kelayang dan Batu Rijal Hilir dan Serai Wangi Peranap. Selanjutnya, Pesajian dan Selunak Batang Peranap.

Bantuan ini berdasarkan jumlah usulan proposal yang disampaikan kades yang ditujukan ke Dinas PU dan kemudian diverifikasi kelayakan oleh tim verifikasi sehingga menemukan warga yang layak menerimanya.

" Tentunya semua berharap tetepi ada persyaratan khusus harus dilengkapi penerima," ujarnya.