KPU Riau Minta Daerah Susun Jadwal Kampanye

id kpu riau, minta daerah, susun jadwal kampanye

KPU Riau Minta Daerah Susun Jadwal Kampanye

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau meminta KPU kabupaten/kota agar segera menyusun jadwal kampanye pemilihan kepala daerah sehingga pelaksanaannya tidak tumpang tindih menyongsong pencoblosan yang akan digelar pada 9 Desember 2015.

"Kita minta daerah untuk segera melakukan rapat bersama para pasangan calon maupun tim sukses untuk menentukan jadwal kampanye agar pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar," kata Komisioner KPU Riau, Ilham, di Pekanbaru, Jumat.

Dia menegaskan, jadwal kampanye sudah dimulai sejak 27 Agustus hingga 5 Desember 2015, namun memasuki jadwal tersebut juga diharapkan semua pasangan calon maupun tim sukses menunjukkan sikap politik yang baik sehingga terwujud demokrasi yang bersih.

"Masyarakat juga diminta jika ada pasangan calon atau tim sukses melakukan kampanye tanpa pemberitahuan, agar segera melaporkannya ke panitia pengawas pemilu setempat," pintanya.

Ia juga meminta KPU kabupaten/kota agar secepatnya melaksanakan rapat terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) bagi setiap pasangan calon.

"Kalau untuk baliho paling besar ukuran 4 x 7 meter maksimal lima buah setiap pasangan calon untuk setiap kabupaten/kota. Sedangkan umbul-umbul paling besar ukuran 5 x 1,15 meter paling sebanyak 20 buah setiap pasangan calon untuk kecamatan. Sementara spanduk paling besar ukuran 1,5 x 7 meter sebanyak dua buah setiap desa atau kelurahan," jelasnya.

Sementara itu untuk anggaran pemasangan iklan bagi masing-masing pasangan calon di setiap kabupaten/kota sudah disiapkan oleh KPU Riau.

"Kalau memang anggaran di atas Rp200 juta, harus dilelang melalui biro media termasuk juga iklan TV harus koordinasi bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Propinsi Riau," katanya.

Ke-sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah pada 9 Desember 2015 masing-masing Kabupaten Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Meranti, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Bengkalis dan Kota Dumai. (Adv)

Oleh Dedi Dahmudi