Produksi Industri Karet Riau Meningkat 18,91 Persen

id produksi industri, karet riau, meningkat 1891 persen

Produksi Industri Karet Riau Meningkat 18,91 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mencatat bahwa jenis industri karet dan barang dari karet dan plastik pada triwulan II tahun 2015 di Provinsi Riau mengalami peningkatan produksi paling besar yaitu 18,91 persen.

"Keadaan yang sama juga pada Nasional, dimana jenis industri naik yaitu sebesar 8,61 persen," kata Kepala BPS Provinsi Riau, Mawardi Arsyad, dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan itu sebagian bagian dari pencatatan BPS terhadap pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang di Provinsi Riau.

Menurut dia, besaran pertumbuhan industri karet dan barang dari karet dan plastik pada triwulan II

tahun 2015 di Provinsi Riau lebih besar dua kali lipat dibandingkan nasional.

Dapat dikatakan, katanya, bahwa pada periode yang sama, produksi industri ini di Riau lebih baik daripada secara nasional.

"Namun demikian pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang Riau pada triwulan II Tahun 2015 terhadap triwulan I tahun 2015 di Provinsi Riau menunjukkan pertumbuhan yang positif yaitu sebesar 11,12 persen," katanya.

Hal ini, katanya lagi, sekaligus menunjukkan bahwa pada triwulan II tahun 2015 perekonomian di Provinsi Riau khususnya pada sektor industri manufaktur mengalami kenaikan produksi dari pada periode sebelumnya, dimana pada triwulan sebelumnya terjadi pertumbuhan yaitu sebesar -6,09 persen.

Sedangkan untuk keadaan nasional pada triwulan II tahun 2015 terhadap triwulan I tahun 2015 terjadi kenaikan produksi yaitu sebesar 2,34 persen.

"Pertumbuhan produksi industri manufaktur triwulan II tahun 2015 di Provinsi Riau dipengaruhi oleh jenis industri-industri karet, barang dari karet dan plastik naik sebesar 18,91 persen," katanya dna menambahkan untuk industri makanan juga mengalami kenaikan yang tercatat sebesar 12,18 persen.