Warga Palika Rohil Ancam Pindah Ke Labusel

id warga palika, rohil ancam, pindah ke labusel

Warga Palika Rohil Ancam Pindah Ke Labusel

Palika, Rohil (Antarariau.com) - Roman (26) warga Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) Kabupaten Rokan Hilir, Riau meminta pemerintah daerah memperhatikan jalan lintas pesisir yang setiap saat dilewati pengendara sering terjatuh, bahkan ia mengancam jika tidak segera diperbaiki warga setempat akan pindah ke Labuhan Batu Selatan (Labusel) Sumatera Utara.

Menurut dia, jalan lintas pesisir yang menghubungkan Kepenghuluan Palika hingga ke Simpang Kubu Kecamatan Kubu itu pada musim penghujan pengendara sering terjatuh, bahkan mesin motor mati karena harus terhenti secara mendadak.

"Apalagi kalau sudah musim penghujan seperti belakangan ini azab betul rasanya, kalau tak ada keperluan yang penting tak mau melintasi jalan tersebut," kata Roman yang saat itu melihat salah seorang kerabatnya berobat di RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi," Senin pagi (31/8).

Dia membeberkan kerusakan jalan diperkirakan lebih dari 20 kilometer, beberapa tahun lalu juga sudah ada perataan atas jalan namun hasilnya sangat tipis, ditambah lagi aktivitas kendaraan atau mobil angkutan sawit yang melebihi tonase membuat daya tahan jalan rusak.

"Yang paling parah dari daerah areal Asam Jawa Kepenghuluan Sei Daun sampai ke Simpang Kubu rusak semua, kerusakan rata-rata karena tidak ada penimbunan yang berarti," keluhnya.

Seharusnya pemerintah setempat sudah melakukan penimbunan sertu sejak lama sehingga warga bisa melintasi jalan, minimal jika turun hujan tetap bisa karena dengan akses jalan tersebut ongkos transportasi ke Bagansiapiapi lebih ringan.

"Kalau lewat trasportasi laut ongkos ferry dari Palika ke Bagansiapiapi saja Rp100 ribu lebih, belum lagi ongkos pulangnya," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Rudi (30) yang mengeluhkan rendahnya perhatian Pemkab Rohil terhadap pembangunan akses jalan lintas pesisir.

"Kalau tak bisa pemerintah setempat membangun jalan di Palika ini lebih baik kami masuk ke Labusel saja, apalagi pemkab Rohil kayaknya lebih memperhatikan kawasan perbatasan," kesal dia.

Oleh Dedi Dahmudi