Polisi Kerahkan 11.000 Personel Amankan Demontrasi Buruh

id polisi kerahkan, 11000 personel, amankan demontrasi buruh

Polisi Kerahkan 11.000 Personel Amankan Demontrasi Buruh

Jakarta, (Antarariau.com) - Kepolisian Republik Indonesia akan mengerahkan sekitar 11.000 personel untuk mengamankan demonstrasi buruh yang rencananya akan dilakukan pada Selasa (1/9) di Jakarta.

Menurut Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti, selain dari jumlah tersebut kepolisian juga menyiagakan pasukan cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Di samping itu juga ada juga bantuan dari personel TNI. Kami akan melakukan penjagaan di objek-objek vital Jakarta," kata Badrodin setelah mengadakan rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan terkait rencana demonstrasi tersebut di Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin.

Ada pun titik-titik yang menjadi fokus konsentrasi pengamanan adalah mulai dari daerah Bundaran Hotel Indonesia hingga kompleks Istana Kepresidenan.

Kemudian, lanjut Kapolri, para buruh akan diarahkan untuk berkumpul di Kantor Gubernur DKI untuk berdialog dengan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek.

"Rencananya akan ada 52.000 buruh akan berunjuk rasa dan rencananya akan berdialog dengan para menteri," kata Badrodin.

Sementara menurut Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo, pihaknya akan mengerahkan tiga satuan setingkat kompi (ssk) personel yang bertugas mengamankan tempat-tempat penting di Ibu Kota termasuk pertokoan dan pusat perbelanjaan. Ia juga menyatakan keyakinannya demosntrasi buruh akan berjalan dengan aman.

"Kami bekerja sama dengan pihak kepolisian. Saya yakin tidak ada kericuhan, para tokoh-tokoh buruh juga berjanji untuk tertib," kata Agus.

Di tempat yang sama Menkopolhukam Luhut Pandjaitan mengimbau agar buruh tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan dan melanggar hukum selama demonstrasi berlangsung.

Jika hal ini tidak dipatuhi, lanjut Luhut, pemerintah akan melakukan tindakan tegas.

"Kami mengakomodasi hak-hak demokrasi para buruh, namun setiap pelanggaran hukum akan kami tindak tegas. Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolri dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian," tutur Luhut.

Hal senada juga diungkapkan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. Ia berharap unjuk bisa berjalan dengan aman, damai tanpa pelanggaran-pelanggaran hukum yang berarti.

"Kami imbau rekan-rekan buruh untuk tidak melakukan "sweeping", tidak melakukan kekerasan, tidak menutup jalan maupun menduduki tempat-tempat tertentu," kata Badrodin.