Dinkes Riau Bagikan Ratusan Masker

id dinkes riau, bagikan ratusan masker

Dinkes Riau Bagikan Ratusan Masker

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau membagikan ratusan masker kepada masyarakat di Kota Pekanbaru dan sekitarnya untuk mengatasi risiko kabut asap.

"Pembagian masker dimulai kepada para peserta upacara, bertepatan pada peringatan HUT Koperasi ke-68 tahun di halaman kantor gubernur," kata Kepala Dinas Keshetaan Provinsi Riau Andra Sjafril di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Andra, apa pun yang berhubungan dengan dampak asap merupakan kewajiban Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sebelumnya Dinas Kesehatan sudah menyosialisasikan dampak asap terhadap kesehatan di samping membagikan masker kepada warga pada minggu kemarin, khususnya pada anak-anak PAUD.

"Pada beberapa titik di jalan-jalan Dinkes Riau juga membagikan masker dengan harapan seluruh masyarakat agar membatasi bepergian ke luar rumah, serta meliburkan pelajar SD kelas satu hingga kelas tiga," katanya.

Pada kesempatan itu ia mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tidak ada urusan mendesak. Selain itu, masker hendaknya tetap dipakai meski di dalam rumah untuk menghindari masuknya partikel dari luar.

Cara pemakaian masker yang baik adalah bagian berwarna putih berada di luar dan bagian yang berwarna hijau berada di dalam, untuk mengatasi kabut asap yang makin tebal.

Selasa ini selain di halaman kantor gubernur, masker juga dibagikan di Jalan Sudirman oleh sejumlah petugas Bidang Promkes, UPT PKKSDMKOM serta bekerja sama dengan Puskesmas Rumbai untuk membagikan masker ke masyarakat di sekitar daerah Rumbai.

Dinkes Riau mencatat bahwa kini Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) kembali naik, bahkan pada beberapa tempat malah telah melebihi angka 200 seperti Kecamatan Rumbai pada pagi mencapai angka 400.