Empat Calhaj Riau Kloter 9 Batal Berangkat

id , empat, calhaj riau, kloter 9, batal berangkat

   Empat Calhaj Riau Kloter 9 Batal Berangkat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Empat orang jamaah calon haji (calhaj) Provinsi Riau tergabung dalam kloter 9 embarkasi Batam batal berangkat ke Tanah Suci tanpa pemberitahuan karena hanya 442 orang calhaj dibawa pesawat Saudi Arabian Airlines.

"Terdapat satu orang jamaah Indragiri Hulu dan tiga orang dari Pekanbaru batal sebelum berangkat menuju asrama haji di Batam," terang Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad A Azis melalui telepon genggam dari Pekanbaru, Rabu.

Sampai pada hari pemberangkatan atau Rabu (2/9) pagi, pihaknya tidak mendapatkan informasi terkait alasan empat orang calhaj dari dua kabupaten/kota di Riau tersebut batal ikut rombongan kloter 9.

Berdasarkan data dikeluarkan Kemenag Provinsi Riau dalam kloter 9 embarkasi Batam terdiri dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) 230 orang calhaj, lalu 215 orang jemaah dari Kota Pekanbaru dan ditambah 5 orang petugas kloter.

"Jadi pagi tadi 441 orang calhaj kloter 9 terdiri dari Inhu 229 jamaah dan Pekanbaru 212 orang, ditambah satu orang calhaj dari Kabupaten Rokan Hulu karena visa baru diterbitkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi," bebernya.

"Belum tahu lagi, kita belum dapat konfirmasi apakah sakit atau mengundurkan diri. Tapi jelasnya empat orang jamaah itu tidak ikut rombongan sejak menempati Asrama Haji di Batam kemarin," terang Azis.

Jamaah calhaj yang batal berangkat haji tahun ini pada setiap kloter sampai dengan kloter 20 embarkasi Batam, jelas dia, maka Kemenag tidak menerima lagi proses pengajuan atas penggantian jamaah cadangan dari masing-masing kabupaten/kota se-Indonesia.

"Bagi jamaah batal berangkat, tidak ada lagi proses penggantian. Karena pusat tidak terima lagi disebabkan cukup sulitnya dalam mengurus visa haji," tegas Azis.

Ahmad Supardi Hasibuan, Kepala Kantor Kemenag Rokan Hulu mengatakan, satu orang calhaj dari daerah itu atas nama Mahmud Dulil bin Montok ditunda berangkat karena bermasalah dengan visa yang belum diterbitkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

"Mahmud tidak berangkat karena visa belum keluar. Alhamdulillah, semua calhaj Rokan Huhu sudah berangkat dengan jumlah 255 orang karena dua orang lagi mengundurkan diri disebabkan sakit," katanya.

Berdasarkan data Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam pada musim haji 1436 Hijriah/2015 Masehi embarkasi tersebut akan memberangkatkan 8.911 orang jamaah calhaj dari empat provinsi.

Terdiri dari 795 orang calhaj asal Kepulauan Riau (kloter 1 dan kloter 15), 4.036 calhaj Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 calhaj Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 calhaj dari Jambi (kloter 16-20).