Asap Tidak Ganggu Keberangkatan Jamaah Haji Dumai

id asap tidak, ganggu keberangkatan, jamaah haji dumai

Asap Tidak Ganggu Keberangkatan Jamaah Haji Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kasi Keselamatan Berlayar pada KSOP Dumai Barnabas F Tallu menyatakan keberangkatan 280 jamaah haji daerah itu dengan kapal feri penumpang Rabu pagi tadi tidak terganggu kabut asap kebakaran hutan.

Sebab, dengan jarak pandang 3 mil di perairan sepanjang sejauh ini dianggap masih normal dan aman untuk berlayar membawa calon haji Dumai ke Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau.

"Jarak pandang masih normal sekitar 3 mil, dan kita terus memantau kondisi gelombang dan kabut asap agar keberangkatan jamaah haji tidak terhambat," katanya kepada pers, Rabu.

Dia menjelaskan, karena cuaca dan kabut asap masih normal maka pihaknya hingga kini belum mengeluarkan edaran waspada gelombang dan jarak pandang pendek kepada para pengguna jasa pelabuhan.

Sebab, edaran hanya akan dikeluarkan jika pihaknya sudah memandang cuaca dan gelombang di laut mulai ekstrim berdasarkan pemantauan BMKG karena dapat membahayakan pelayaran.

Jamaah haji Dumai resmi bertolak ke Embarkasi Batam ditandai dengan proses seremoni pelepasan dipimpin Sekretaris Daerah Said Mustafa di terminal tunggu pelabuhan penumpang Pelindo Dumai sekitar pukul 06.30 WIB.

Para calon tamu Allah SWT yang akan menempuh perjalanan laut selama 8 jam menuju Embarkasi Batam ini diharapkan agar menjaga kesehatan supaya dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sempurna.

"Jaga kesehatan karena beribadah haji ini membutuhkan kondisi fisik yang sehat, dan semoga dapat melaksanakan rangkaian ibadah dengan perlindungan Allah SWT selama berada di tanah suci," harap Sekda Said Mustafa.

Dijadwalkan, jamaah haji akan beristirahat semalam di Asrama Haji Embarkasi Batam, dan Kamis 3 September besok diterbangkan ke Madinah dari Bandara Hang Nadim Batam dengan dilepas oleh Penjabat Wali Kota Dumai Arlizman Agus.