Sejumlah Penerbangan Di Dumai Tertunda Karena Asap

id sejumlah penerbangan, di dumai, tertunda karena asap

Sejumlah Penerbangan Di Dumai Tertunda Karena Asap

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Bandara Pinang Kampai Kota Dumai Riau Catur Hargowo menyebutkan, sejumlah jadwal penerbangan pesawat terpaksa ditunda karena kabut asap telah membatasi jarak pandang di udara, Rabu.

Jadwal kedatangan dan keberangkatan dua maskapai pesawat seharusnya dimulai pada pukul 08.35 WIB, namun hingga pukul 11.00 WIB siang jarak pandang belum normal.

"Untuk dapat terbang harus menunggu asap menipis, karena itu sejumlah jadwal penerbangan Pelita Air dan Trans Nusa tertunda," katanya kepada pers, Rabu.

Menurutnya, maskapai pesawat Trans Nusa dan Pelita Air yang membawa penumpang umum dan carteran akhirnya dapat terbang pada pukul 14.00 WIB setelah jarak pandang pilot normal, yaitu 4 hingga 4,5 kilometer.

Dia mengakui, ketebalan asap pada hari sebelumnya tidak setebal sekarang, sehingga akhirnya menyebabkan penundaan jadwal terbang maskapai pesawat.

Penundaan terbang terjadi pada pesawat kedatangan pertama rute Jakarta-Dumai pada pukul 08.35 WIB, lalu keberangkatan kedua rute Batam-Dumai 08.40 WIB.

Sedangkan untuk keberangkatan, rute Dumai-Jakarta pukul 09.30 WIB dan Dumai-Batam pada 09.40 WIB.

Sementara, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Dumai Bambang Suriyanto menyatakan kondisi kabut asap sudah membuat kualitas udara memburuk dan masuk kategori berbahaya untuk kesehatan.

"Alat indeks standar pencemaran udara mencatat angka 471 PSI yang artinya kualitas udara berbahaya bagi kesehatan manusia, karena itu kita mengimbau masyarakat kurangi aktivitas diluar ruangan," terangnya.

Dia mengajak masyarakat dan pelajar yang belum direkomendasikan libur sekolah ini untuk memakai masker ketika beraktivitas diluar ruangan agar terhindar dari penyakit akibat asap.