Pekanbaru Akan Kelola PIH Bagi Ikan Hias

id pekanbaru, akan kelola, pih bagi, ikan hias

 Pekanbaru Akan Kelola PIH Bagi Ikan Hias

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru akan mengelola Pasar Ikan Higenis (PIH) milik Pemerintah Provinsi Riau menjadi lokasi pengembangan ikan hias.

"Pasar ikan higenis ini tanahnya milik Pemerintah Kota Pekanbaru, gedungnya milik pemerintah provinsi, dulu sempat dikelola oleh pemilik gedung sekarang sudah tidak lagi sehingga terbengkalai," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, di Pekanbaru, Kamis.

Melihat kondisi gedung yang tidak termanfaatkan tersebut, terang Firdaus Pemko memiliki niat untuk mengelolanya jika diberi hak.

"Pemko siap mengelolanya jika diberi kesempatan hak pengelolaan, setelah selama ini tidak lagi difungsikan," ujar Wali Kota.

Peruntukannya ke depan terang Firdaus, gedung PIH ini akan digunakan menjadi lokasi pasar ikan hias di Pekanbaru.

"Saya lihat fasilitas gedung ini lengkap, ada aquariumnya, frizer, dan sebagainya sayang sekali jika tidak dimanfaatkan," ucapnya.

Prospek pasar ikan hias di Pekanbaru menjanjikan. Sehingga gedung yang terletak tepat di pusat kota ini bisa jadi ikon wisata bahari juga. Setidaknya bagi pecinta ikan hias.

Kadistanak Pekanbaru, El Syabrina, ditempat yang sama mengakui hal tersebut. Ia menyebutkan awalnya pasar ikan higenis ini dibangun peruntukannya menciptakan tempat berjualan ikan yang sehat dan bersih bagi pedagang ikan di Pekanbaru.

Namun belakangan sudah dua tahun gedung ini tidak lagi digunakan setelah aktifitas tutup.

Menyikapi hal ini Distanak Pekanbaru sudah menyurati Dnas Perikanan Provinsi untuk diberi hak mengelola.

"Saat ini surat menyurat lagi dalam proses," bebernya.

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat dikonfirmasi pada prinsipnya menyetujui jika ada keinginan Pekanbaru hendak mengelola aset Pemprov.

"Dulu di sana ada kegiatan sekarang sudah tutup, jika pemko ingin mengelola silahkan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan pemerintah Provinsi Riau telah membangun sebuah pasar ikan higenis di pusat kota dengan biaya Rp214 juta tahun 2012.

Proyek tersebut selesai awal 2013 dan Pasar Ikan Higienis tersebut, diperuntukkan bagi masyarakat Pekanbaru dalam melengkapi kebutuhan konsumsi ikan yang benar-benar higienis, dan layak dikonsumsi.

Saat ini, PIH yang dibangun hampir dua tahun ini terbengkalai tidak difungsikan sama sekali.

Hanya sesekali halamannya digunakan sebagai lokasi kegiatan di bawah naungan Distanak Pekanbaru. Karena lokasi kantor berbatasan sepadan dengan PIH.

Beberapa fasilitas di gedung tersebut mulai rusak tergerus waktu dan tidak terawat.