Gelombang Pertama Embarkasi Batam Berakhir

id gelombang pertama, embarkasi batam berakhir

Gelombang Pertama Embarkasi Batam Berakhir

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gelombang pertama pemberangkatan jamaah calon haji (calhaj) dari kelompok terbang (kloter) 1-10 embarkasi Batam berakhir, ditandai 455 orang calhaj dari Provinsi Riau tergabung kloter 10 telah diberangkatkan menuju Madinah, Saudi Arabia.

"Sebanyak 455 calhaj Riau tergabung kloter 10 embarkasi Batam dan 5 petugas merupakan kloter terakhir gelombang pertama," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad A Azis melalui telepon genggam dari Pekanbaru, Rabu.

Ia berujar, gelombang pertama berakhir karena jamaah calhaj langsung diterbangkan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Kota Madinah.

Selanjutnya gelombang kedua, terhitung mulai kloter 11 embarkasi Batam akan diberangkatkan dari Batam menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan masuk ke Kota Makkah, Saudi Arabia.

Dalam rombongan kloter 10 embarkasi Batam, ucap dia, menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines nomor penerbangan SV 5317 membawa 455 orang calhaj terdiri dari 2 kabupaten/kota di Riau yakni Dumai 280 orang dan Kampar 165 orang.

"Pada saat proses "boarding" pesawat, semuanya berjalan aman dan lancar. Sekarang sudah terbang sekitar 4,5 jam lebih menuju Madinah. Saat jamaah memasuki pesawat di Batam, cuaca cerah. Sehingga jamaah tidak kenakan masker," katanya.

Saat ini, terang Azis, 3.116 orang calhaj dari Provinsi Riau dalam kondisi sehat, sehingga bisa melakukan berbagai ibadah wajib atau sunah selama berada di Kota Madinah termasuk melaksanakan arbain atau shalat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi.

"Untuk sementara ini, kami tadi baru dapat telepon nyatakan semua calhaj Riau dalam kondisi baik. Meski saat ini jamaah hadapi perubahan cuaca ekstrim di Saudi," bebernya.

Hingga kini Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam sudah berangkatkan 4.994 orang jamaah calhaj, dimana 3.561 orang diantaranya berasal dari Provinsi Riau dan 50 orang petugas tergabung dalam 10 kloter.

Berdasarkan data PPIH Embarkasi Batam pada musim haji 1436 Hijriah/2015 Masehi atau tahun ini embarkasi tersebut akan memberangkatkan 8.911 orang jamaah calhaj dari empat provinsi.

Terdiri dari 795 orang calhaj asal Kepulauan Riau (kloter 1 dan kloter 15), 4.036 calhaj Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 calhaj Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 calhaj dari Jambi (kloter 16-20).