Pemkab Kuansing Distribusikan Air Bersih Ke Rumah Warga

id pemkab kuansing, distribusikan air, bersih ke, rumah warga

Pemkab Kuansing Distribusikan Air Bersih Ke Rumah Warga

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mendistribusikan air bersih kerumah warga mengantisipasi musim kemarau akibat sejumlah tempat sumur dan sungai mengalami kekeringan.

" Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah, karena saat ini datangnya musim kemarau meresahkan warga," kata Kepala Dinas CKTR Kuantan Singingi (Kuansing) Fakhruddin di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, sejak masuknya musim panas, sejumlah pemukiman masyarakat kekurangan air bersih karena banyak sumur bor yang kering dan bahkan sungai keruh akibat Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) tidak layak minum, untuk itu pemerintah daerah segera menyalurkan air bersih kerumah - rumah penduduk secara langsung.

Sementara itu, ketersediaan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum PAM tidak ada kendala, ini sangat membantu dan setiap hari mesin dihidupkan untuk mengaliri air tersebut.

" Kami berharap warga bisa memanfaatkannya dengan baik untuk kebutuhan sehari -hari setidaknya berhemat," sebutnya.

Pihak PDAM selama ini diakui ada kendala dalam pendistribusian itu, tetapi saat ini sudah lancar kembali karena kerusakan telah di perbaiki dengan baik.

Mengantisipasi musim kemarau ini, Fakhrudin mengatakan telah menerapkan jadwal untuk mengalirkan air bersih ini ke rumah warga khususnya wilayah yang sangat rawan dan benar - benar kekurangan air bersih.

" Setiap hari ada rute dan bergilir," ujarnya.

Misalnya, khusus untuk Desa Seberang Taluk Hilir jadwalnya pukul 18.00 WIB hingga 22.00 WIB, ini dilakukan agar semua warga mendapatkan pasokan air minum dengan baik.

Sementara itu, musim kemarau mengakibatkan warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih, sebagian besar masyarakat yang ada di Desa Seberang Kecamatan Kuantan Tengah yang juga pelanggan PAM tetapi harus memanfaatkan air Sungai Kuantan yang sudah terlihat keruh.