108 Mahasiswa UMRI Peroleh Beasiswa Pemprov Riau

id 108 mahasiswa, umri peroleh, beasiswa pemprov riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak 108 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) tahun akademik 2015-2016 menerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Riau berasal dari APBD tahun 2015.

"Beasiswa senilai Rp8 juta setahun itu diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah itu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Wakil Rektor III UMRI, Baidarus di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, bantuan yang sama diberikan pula untuk perguruan tinggi lainnya di Riau dengan fakultas berbeda, sedangkan untuk UMRI khusus pada fakultas Fisika, Biologi dan Kimia.

Namun sebanyak 108 mahasiswa penerima beasiswa tersebut, katanya, adalah yang ber KTP Riau, berasal dari keluarga tidak mampu tetapi berprestasi.

"Ketika sudah berkuliah maka mahasiswa yang bersangkutan harus mampu mempertahankan IP 3, dan ketika sudah tamat maka mereka dikembalikan ke daerah asal mereka diusulkan," katanya.

Ini merupakan tahun kedua UMRI memperoleh bantuan beasiswa dari Pemrov Riau, sebelumnya, tahun 2014 hanya untuk 107 orang sama seperti kuota yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Saat ini, katanya lagi, UMRI sudah menerima sebanyak 50 lebih calon mahasiswa penerima beasiswa Pemrov Riau usulan dari sejumlah kabupaten dan kota.

"Sambil terus melakukan kontak dengan daerah-daerah, dan pada 5 September 2015 pendaftaran calon mahasisw sudah berakhir, sehingga pihak terkait diharapkan segera mengajukan calon mahasiswa mereka," katanya.

Ia mengatakan, dengan ditetapkannya UMRI sebagai perguruan tinggi yang menerima beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu, maka hal ini sekaligus menjadi tantangan bagi UMRI.

"Program ini menjadi tantangan bagia UMRi dan tentunya kita akan terus meningkatkan kualitas perguruan baik dari segi sarana dan prasarana juga terhadpa kualitas SDM pengajarnya," katanya.