Bandara Pekanbaru Lumpuh Total Akibat Kabut Asap Tebal

id bandara pekanbaru, lumpuh total, akibat kabut, asap tebal

Bandara Pekanbaru Lumpuh Total Akibat Kabut Asap Tebal

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru lumpuh total pada Jumat karena kabut asap tebal yang mengakibatkan jarak pandang hanya berkisar 600 meter.

"Hingga data terakhir pukul 15.00 WIB, terdapat enam maskapai yang membatalkan penerbangan yakni Garuda, Citilink, Lion Air, Batik Air, Fire Fly, Malindo Air dan Garuda Indonesia," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Murniati kepada Antara di Pekanbaru.

Ia menjelaskan pembatalan penerbangan yang dilakukan enam maskapai tersebut merupakan imbas dari kabut asap yang tidak kunjung membaik sejak pagi. Hingga pukul 16.00 WIB jarak pandang di "run way" masih berkisar 600 meter.

Lebih lanjut, ia mengatakan kelima maskapai yang membatalkan penerbangan tersebut melayani 29 rute dari 39 rute penerbangan. Ke 29 rute penerbangan yang mengalami pembatalan terdiri dari 23 rute domestik dan lima rute internasional. Sementara 10 rute penerbangan lainnya masih dalam status tertunda (Delay).

Murniarti mengatakan rute penerbangan internasional yang dibatalkan adalah tujuan Melaka, Kuala Lumpur dan Subang.

Sementara itu, ia menjelaskan ke seluruh rute domestik yang dibatalkan adalah tujuan Jakarta, Batam, Surabaya, Jogjakarta dan Bandung.

Hingga berita ini diturunkan tidak tampak adanya aktivitas penerbangan sama sekali di Bandara SSK II Pekanbaru yang biasa melayani 8.000 penumpang perhari tersebut.

Sementara itu, ribuan penumpang tampak mengular di ruang Pelayanan Penumpang (Customer Service) guna melakukan pengembalian tiket untuk diuangkan kembali (re fund) atau sekedar mencari informasi..

Dari pantauan Antara, antrean panjang tersebut telah terjadi sejak pukul 12.00 WIB hingga petang. Beberapa dari calon penumpang bahkan sempat terlihat bersitegang dengan petugas akibat kelelahan mengantre.