Bupati Bengkalis Lantik Pengurus PMI

id bupati bengkalis, lantik pengurus pmi

Bengkalis, (Antarariau.com)- Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie melantik pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) kecamatan se-Kabupaten Bengkalis yang berjumlah 56 orang.yang dipusatkan di Gedung Daerah Kab Bengkalis, Senin (7/9).

Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan sebagai barisan terdekat dengan masyarakat memiliki peran penting dalam mengemban tugas kemanusiaan, dan seluruh pengurus PMI kecamatan dituntut untuk aktif melakukan komunikasi dengan lembaga/instansi terkait serta masyarakat di seluruh pelosok desa.

“Langkah ini penting untuk semakin memperkokoh eksistensi PMI di tengah-tengah masyarakat, sehingga PMI kecamatan mampu mewujudkan gerakan kepalangmerahan berbasis masyarakat, dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat,” ujar Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie, Senin.

Ia mengatakan, dalam upaya mewujudkan gerakan kepalangmerahan berbasis masyarakat, kepada seluruh pengurus PMI Kecamatan yang baru dilantik harus segera mengadakan konsolidasi.

“Jangan sampai setelah dilantik dan dikukuhkan, tidak ada tindak lanjut dan langkah-langkah konkrit. agar PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang profesional, tanggap dan dicintai oleh masyarakat dapat diwujudkan,” katanya lagi.

Ia menambahkan, selain dibutuhkan kerja keras dan kerja sama, para pengurus juga harus membangun kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Selain itu, Ahmad Syah juga berharap agar seluruh pengurus PMI Kecamatan dan Kabupaten untuk lebih giat dan kreatif dalam melakukan sosialisasi.

Terus membangkitkan kepedulian dan kesadaran masyarakat agar secara sukarela menjadi pendonor darah. Sebab selama ini, imbuhnya, ada sebagian dari masyarakat di daerah ini yang masih takut bahkan kurang peduli untuk menjadi pendonor darah.

Ia menjelaskan, keberadaan palang merah remaja (PMR) merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana. Sekaligus untuk mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI, khususnya di kalangan generasi muda. (Adv)