Petani Kuansing Tanam Padi Di Lahan Kering

id petani kuansing, tanam padi, di lahan kering

Petani Kuansing Tanam Padi Di Lahan Kering

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Sejumlah petani dari desa Luai dan Bukit Pedusunan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau tetap menanam padi kendati areal lahan persawahan dalam kondisi kering.

"Kami tetep turun berladang karena musim tanam tahun telah tiba," kata warga desa Bukit Pedusunan Yasmar di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, jika tiba musim berladang, semua petani optimis akan menanam padi secara serentak walaupun banyak areal pertanan kering akibat musim kemarau.

Petani akan memanfaatkan irigasi seadanya, itupun secara bergiliran menggunakan air, selain ada aliran sungai di daerah itu namun saat ini kondisinya juga mulai surut.

" Jika tidak dimanfaatkan, maka ekonomi warga bisa terganggu," sebutnya.

Menurutnya, hanya petani dua desa ini yang telah mulai melakukan penyemaian, usia pembenihan (benih padi) cukup besar atau sekitar 15 hari dan telah layak untuk dipindahkan ke hamparan ladang, sedangkan untuk persawahan telah mencapai usia lebih 30 hari.

Diakuinya, saat ini petani kesulitan untuk melakukan penggarapan lahan dan penanaman padi, karena lahan mengalami kekeringan akibat kurangnya pasokan air antisipasi kedepannya sejumlah warga berharap adanya perhatian pemerintah daerah untuk membangun sejumlah irigasi tambahan.

Salah satu Dosen Univrsitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Ir Nariman Hadi MMA mengatakan, kebiasaan warga jika sudah mulai musim tanam, mereka tetap akan turun bercocok tanam padi.

"Karena perhitungannya jika terlambat tentu akan menyulitkan ketersediaan hasil panen untuk kebutuhan pada bulan berikutnya karena kehidupan warga mash banyak dari ketergantungan hasil panen padi," sebutnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Kuantan Singingi Maisir melalui Kepala Bidang Perlindungan Tanaman Penyuluh Deflides Gusni mengatakan musim tanam tahun ini terpaksa dilakukan oleh petani walaupun kondisi pada musim kemarau dan pasokan air tidak ada.

"Ada padi sawah dan ada juga padi ladang sehingga bisa di sesuaikan," sebutnya.