Lapangan Tugu Jadi Lokasi Shalat Idul Adha

id lapangan tugu, jadi lokasi, shalat idul adha

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, akan melakukan Sholat Idul Adha di Lapangan Tugu yang berlokasi di Jalan Sudirman, Kecamatan Bengkalis.

Kasubag Agama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Hambali Akbar mengatakan bahwa pelaksanaan sholat idul adha yang jatuh pada tanggal (24/9) akan tetap dilaksanakan di Lapangan Tugu Jalan Sudirman seperti sebelumnya.

"Namun jika cuaca tidak mendukung, misalnya terjadi hujan lebat, atau kabut asap timbul lagi menjadi tebal, maka kegiatan itu akan kita pidahkan ke Masjid Istiqomah Bengkalis Jalan Patimura," kata Hambali, Senin.

Ia mengatakan, pada pelaksanaan sholat Idul Adha nantinya, khotib maupun Imam, berasal dari Bengkalis, diantaranya khotib, ditunjuk Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bengkalis Rahman A, sedangkan Imamnya ditunjuk Ustadz Gufron.

Dijelaskannya, sebelum pelaksanaan Idul Adha, pada malamnya akan digelar pawai takbir seperti tahun sebelumnya.

Dengan diiringi miniatur rumah ibadah dan lainya, dengan dibuka peserta secara umum, juga membuka peserta dari siswa-siswi dan perguruan tinggi di kabupaten Bengkalis.

Sementara itu Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie sebelumnya juga telah menginstruksikan masyarakat muslim di daerah itu jika kabut asap masih menebal untuk tidak melaksanakan pawai maupun sholat Idul Adha di lapangan.

"Bila kabut asap tidak kunjung reda, sholat Idul Adha 1436 H/2015, tidak perlu dilaksanakan dilapangan tugu, namun dilaksanakan saja ditempat ibadah masing masing dan tidak ada kegiatan lomba pawai takbir," kata Penjabat Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie.

Berdasarkan pantauan, hingga saat ini kualitas udara kota bengkalis semakin membaik, dan kabut asap semakin menghilang, terlebih lagi dengan hujan lebat yang turun dalam beberapa hari ini. (Adv)