BPBD Kesulitan Padamkan Lokasi Kebakaran Dalam Hutan

id bpbd kesulitan, padamkan lokasi, kebakaran dalam hutan

BPBD Kesulitan Padamkan Lokasi Kebakaran Dalam Hutan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, kesulitan memadam kebakaran yang lokasinya jauh ke dalam hutan.

Kabid Pemadam Kebakaran Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis, Suiswantoro, di Bengkalis, Senin, mengatakan ada beberapa titik api di beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkalis saat ini belum bisa di padamkan.

Adapun titik api tersebut berada di kecamatan Siak Kecil, Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Rupat.

"Saat ini kita bersama sejumlah perusahaan dan masyarakat peduli api (MPA) sedang berusaha mengendalikan api tersebut, hanya saja ada titik api tepatnya di kaki hutan sehingga menyulitkan petugas dalam melakukan pemadaman," kata Suiswantoro.

Ia mengatakan, lokasi titik api tersebut tepatnya di Kecamatan Siak Kecil yang masih sulit di jangkau karena akses di daerah tersebut sulit.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya telah berhasil memadamkan empat titik api, diantaranya titik api di daerah Sungai Linau yakni diareal sawit masyarakat dan di perbatasan kaki hutan dan pemukiman warga.

"Kemuadian di daerah Bukit Batu yakni desa sepahat perbatasan dengan tanjung leban dan sudah dilakukan pemadaman dan selanjutnya di Sei Merambung yang diduga ada unsur kesengajaan," katanya.

Sementara itu, katanya lagi lokasi rawan kebakaran lainnya juga masih dilakukan pengecekan oleh pihaknya yakni di Kecamatan Rupat dan Bengkalis.

"Saat ini, lokasi yang masih sulit dijangkau tersebut pihak BPBD Damkar masih berusaha mencapai ke lokasi agar api secepatnya bisa di jinakkan atau dipadamkan," katanya.

Ia menjelaskan, masyarakat diimbau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, terlebih lagi di tanah gambut yang mudah terbakar.