Bupati Kades Harus Cari Solusi Hadapi Kesulitan Warga

id bupati kades, harus cari, solusi hadapi, kesulitan warga

Bupati Kades Harus Cari Solusi Hadapi Kesulitan Warga

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menekankan agar semua kepala desa dapat mencari solusi dan mampu menyelesaikan persoalan yang ada di daerahnya dengan baik agar kesulitan warga dapat teratasi.

" Saya berharap semua warga dapat sejahtera, aman, jika ada kesulitan sampaikan kepada pemerintah," kata Bupati Kuantan Singingi Sukarmis di Teluk Kuantan, Sabtu.

Ia mengatakan, semua asirasi masyarakat akan dipertimbangkan, proses aspirasi bisa melalui kepala Desa (Kades) setempat atau langsung ke pemerintah kecamatan sehingga dapat di uapayakan untuk direalisasikan.

Usulan program pembangunan itu penting agar semua daerah dapat berkembang, namun jika warga mengalami kesulitan ekonomi sebaiknya pihak pemerintah desa segera mencarikan solusinya agar semua cepat berubah.

" Peningkatan ekonomi bisa saja melalui usaha industri kecil, bantuan ekonomi kerakyatan semua itu penting untuk meningkatkan tarap hidup," sebut Bupati.

Kondisi perekonomian saat ini diakui Bupati terganggu akibat banyak hasil pertanian gagal panen akibat musim kemarau dan harga karet serta sawit menurun, namun demikian diharapkan semua petani jangan resah karena masih ada solusi lain untuk membantu pendapatan keluarga misalnya ada usaha sampingan.

Kesulitan warga adalah menjadi tanggungjawab bersama termasuk pemerintah, peranan aparat desa sangat penting dalam hal ini sebagai orang penyambung aspirasi.

Bupati Kuantan Singingi Sukarmis menyampaikan hal ini pada saat bincang - bincang dengan sejumlah Kades di salah satu rumah makan di Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir saat melalukan kunjungan kerja.

" Saya ingatkan agar semua Kades harus aktif bersama perangkat desa lainnya, mulai dari Sekdes, Kaur dan kepala dusun," ujarnya.

Sukarmis juga menilai kabut asap yang terjadi saat ini akan berpengaruh pada aktivitas warga, karena itu diminta untuk tetap bersabar namun tidak lupa bahwa ekonomi rumah tangga juga sangat penting.

Kabut asap janganlah menjadi faktor utama menyebabkan ekonomi warga menurun, tetapi tetap menjaga kesehatan hingga kalau turun berladang harus melihat situasi sehingga tidak menyebabkan terjangkitnya penyakit yang justru melemahkan dalam beraktivitas.