Masyarakat Resah Kabut Asap Ganggu Aktivitas

id masyarakat resah, kabut asap, ganggu aktivitas

Masyarakat Resah Kabut Asap Ganggu Aktivitas

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, resah akibat kabut asap semakin tebal dan sudah sangat mengganggu aktivitas warga untuk turun rumah.

"Saat ini asap tebal sudah sangat berbahaya bagi kesehatan dan tentu juga mengganggu ekonomi warga," kata salah satu masyarakat Kuantan Singingi, Reflizar di Teluk Kuantan, Senin.

Ia mengatakan, ratusan petani di sejumlah desa sejak Sabtu 26 September hingga Minggu 27 September 2015 sudah tidak berani kekebun akibat kondisi asap sudah menutupi banyak wilayah.

Masyarakat Kuansing sebagian besar adalah petani, berkebun karet, sawit dan berladang padi dengan situasi kabut asap ini tentu tidak berani beraktivitas seperti memanen hasil pertanian, jika hal ini terus berkelanjutan dikhawatirkan banyak warga tidak makan akbat pendapatan keluarga menurun.

"Mau beli beras pakai apa, tentu berutang karena karet tidak dipanen," kata warga lainnya.

Saat ini, katanya lagi, jarak pandang berkisa 50 meter, khusus di Kota Taluk jalan saja sudah tidak terlihat jelas khawatirnya terjadi lakalantas.

Petani karet dari Kecamatan Lubuk Jambi menyebutkan, selama sepekan banyak warga hanya berada didalam rumah tidak berani beraktivitas, jika keluar rumah mata terasa perih dan badan lemas kepala pusing diduga akibat asap itu.

"Khawatir berisiko tinggi maka hanya diam di rumah saja," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, di lingkungan pasar dan jalan raya sudah tidak begtu jelas apalagi berada dalam kebun yang jauh dari pemukiman penduduk sudah sangat gelap khawatirnya babi hutan pun nyosor tidak bisa diketahui sehingga masyarakat tidak berani turun memanen hasil perkebunan.