Pemkab Kuansing Tingkatkan Kualitas Lahan Pertanian

id pemkab kuansing, tingkatkan kualitas, lahan pertanian

Pemkab Kuansing Tingkatkan Kualitas Lahan Pertanian



Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, akan meningkatkan kualitas pendukung lahan pertanian agar bisa menghasilkan panen yang lebih optimal.

"Kami akan perbaiki saluran irigasi khususnya agar tahapan persawahan lebih maksimal," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Kuantan Singingi Maizir di Teluk Kuantan, Senin.

Salah satu lokasi program tersebut adalah di daerah Desa Pangkalan Indarung.

Ia mengatakan, daerah ini tidak hanya memiliki potensi ikan cukup besar, tetapi juga memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup menjanjikan untuk membantu peningkatan ekonomi warga.

Lahan pertanian seluas mencapai 50 hektar jika dikelola dengan baik justru dapat mencukupi kebutuhan beras daerah tersebut bahkan diyakini dapat surplus jika prosesnya lebih di tingkatkan.

"Kalau semua pihak peduli maka daerah ini akan menjadi swasembada beras," ujarnya.

Menurut Maisir, pertanian warga Pangkalan Indarung sudah mendapat dukungan dari pemerintah. Seperti dengan adanya saluran irigasi dan pengairan.

Saat ini sudah ada sistem pengairan yang memadai, namun ke depan ini masih perlu pengembangan agar semua berjalan sesuai harapan masyarakat.

Langkah itu diambil, lanjut Maisir, agar kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi, ini juga sesuai dengan keinginan pemerintah pusat, mewujudkan Indonesia sebagai swasembada pangan.

" Kalau tak bisa menjadi komoditi perdagangan, setidaknya hasil pertanian seperti beras bisa memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Salah satu warga Kuansing Reflizar ongah mengatakan, program pemerintah ssangat baik dalam rangka membantu mengakat ekonomi warga, namun sebaiknya program itu dilaksanakan secepatnya agar daerah Pangkalan Indarung menjadi tujuan wisata dan penghasil beras terbanyak di Kuansing.

" Selain itu sebaiknya jalan menuju daerah itu juga di tingkatkan," ujarnya.