DPR Desak Pemerintah Kirim Ahli Ke Saudi

id dpr desak pemerintah kirim ahli ke saudi

DPR Desak Pemerintah Kirim Ahli Ke Saudi

Jakarta, (Antarariau.com) - Ketua Tim Pengawas Haji Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay mendesak pemerintah segera mengirim tenaga ahli ke Arab Saudi untuk mempercepat proses identifikasi jamaah Indonesia yang menjadi korban insiden lempar jumrah di Mina.

"Tenaga ahli Indonesia untuk mengindentifikasi korban yang ada di Saudi saat ini sangat minim. Padahal jumlah jamaah haji yang menjadi korban dari seluruh dunia mencapai 1.107 orang," kata Saleh Partaonan Daulay melalui pesan elektronik dari Arab Saudi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan pengiriman tenaga ahli penting seiring nota diplomatik yang dikirimkan pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi.

"Untuk apa mengirim nota diplomatik untuk membuka akses identifikasi kalau tenaga ahli yang bisa melakukan tugas itu masih kurang?" tanyanya.

Saleh mengatakan sejauh ini petugas yang melakukan identifikasi masih mengandalkan aparat TNI dan petugas kesehatan yang jumlahnya terbatas.

Agar proses identifikasi bisa lebih cepat, Saleh menilai dibutuhkan tambahan tenaga ahli.

Selain itu, Saleh juga memperkirakan petugas yang ada di Arab Saudi saat ini sudah kecapekan karena bertugas siang dan malam.

Menurut Saleh, penambahan tenaga ahli juga penting seiring pernyataan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bahwa masih ada lima kontainer jamaah yang belum diidentifikasi.

Dikhawatirkan jenazah akan sulit diidentifikasi bila terlalu lama dibiarkan.

"Walaupun disimpan di lemari es, tetap akan ada perubahan dalam jasadnya. Hanya tenaga yang betul-betul ahli yang bisa mengerjakan tugas berat seperti itu," tuturnya.