Harga Sembako Di Indragiri Hilir Mulai Stabil

id harga sembako, di indragiri, hilir mulai stabil

Harga Sembako Di Indragiri Hilir Mulai Stabil

Tembilahan, (Antarariau.com) - Harga sembilan bahan makanan pokok atau sembako di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau mulai stabil setelah mengalami peningkatan saat menjelang Idul Adha lalu.

"Sebelumnya harga cabai mencapai Rp45 ribu per kilonya, namun saat ini sudah turun menjadi Rp35 ribu per kilonya," kata salah seorang pedagang Surya Espendi yang ditemui Antara di Pasar Terapung Tembilahan, Rabu.

Selain itu dia menyampaikan bahwa harga bawang putih tetap netral yaitu Rp24 ribu, tomat per kilonya dijual seharga Rp10 ribu, namun harga bawang merah lumayan meningkat dari sebelumnya dijual seharga Rp12 ribu per kilo menjadi Rp24 ribu perkilo, telur, beras minyak goreng dan lainnya tetap pada harga normal.

"Bawang merah ini merupakan bawang Jawa, tepatnya dari Brebes," ujarnya.

Untuk stok bahan Sembako dia mengakui bahwa saat ini pedagang tidak mengalami kesulitan terhadap ketersediaannya, hanya saja pedagang mulai mengeluhkan sepinya pembeli akhir-akhir ini.

"Pembeli sedang sepi, kemungkinan karena kabut asap. Mereka yang tinggal di daerah maupun yang di wilayah kota mulai mengurangi aktivitas keluar rumah, mereka tidak lagi ke pasar," ucapnya.

Dengan demikian jelasnya, maka hal itu berdampak langsung bagi pendapatan mereka per harinya, biasanya per hari mereka mampu berjualan hingga Rp500 ribu, namun saat ini untuk mencapai setengahnya juga sulit.

"Kami berharap pemerintah daerah yang bekerja sama dengan instansi terkait dapat dengan segera mengatasi permasalahan kabut asap yang sudah hampir tiga bulan tidak kunjung membaik," katanya.

Alex seorang pedagang ayam potong juga mengakui hal yang sama, bahwa saat ini dia dan rekanannya yang lain juga mengalami penurunan pendapatan yang disebabkan sepinya pengunjung.

"Saat ini harga ayam sudah turun, namun karena sepi pengunjung tetap saja hal itu menyebabkan kami minim pemasukan," jelasnya.

Dia mengatakan bahwa saat ini ayam potong perkilonya dijual seharga Rp23 ribu perkilo, sebelumnya para pedagang menjualnya seharga Rp25 ribu.

"Untuk stok daging ayam potong saat ini kami tidak mengalami kekurangan, biasanya ayam di datangkan dari Kota Pekanbaru maupun Jambi," katanya. (Adv)