Bandara: 15 Penerbangan Beroperasi Rute Domestik

id bandara 15, penerbangan beroperasi, rute domestik

Bandara: 15 Penerbangan Beroperasi Rute Domestik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pengelola Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menyebut, baru 15 penerbangan rute domestik beroperasi di tengan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera.

"Pesawat sudah bisa lepas landas dan mendarat baru 15 kali. Tapi itu pun hanya rute domestik, karena hari ini tidak ada rute internasional," kata Airport Duty Manager Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan di Pekanbaru, Kamis.

Sesuai jadual, lanjut Ibnu, hari ini rata-rata maskapai melayani penumpang rute domestik baik lepas landas dan mendarat seperti mayoritas rute Pekanbaru-Jakarta, diikuti rute Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Medan dan lain sebagainya.

Maskapai melayani rute domestik tergolong primadona dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau itu seperti Garuda Indonesia dan Lion Air masing-masing tujuh kali pergi pulang, Batik Air tiga kali, Citilink dua kali dan Sriwijaya Air satu kali.

"Termasuk penerbangan perdana pagi tadi dilayani Lion Air nomor penerbangan JT-393 sesuai jadual pukul 06.30 WIB dan Garuda Indonesia nomor penerbangan GA-171 jam 7.00 WIB masing-masing tujuan Jakarta," katanya.

Namun setelah itu, tidak ada maskapai mendarat karena jarak pandang dinilai membahayakan bagi keselamatan karena pilot tidak bisa melihat secara visualisasi letak landasan pacu bandara setempat, katanya.

"Pesawat pertama tadi mendarat jam 12.50 WIB karena jarak pandang memburuk, tapi terus naik mencapai 1.200 meter sampai jam 3.00 WIB. Setelah itu turun lagi dan berbahaya bagi pendaratan pesawat," ucapnya.

Ibnu menjelaskan, hari ini tidak terdapat maskapai melayani rute internasional setelah AirAsia membatalkan rute Kuala Lumpur-Pekanbaru pergi pelang satu kali sehari sampai Jumat (2/10).

Sedangkan maskapai Silk Air melayani rute Singapura-Pekanbaru, lalu Malindo Air rute Malaka-Pekanbaru dan Firefly rute Selangor-Pekanbaru masing-masing pergi pulang satu kali, tidak setiap hari.

"Mereka pergi pulang tidak tiap hari, tapi bisa tiga atau empat kali dalam sepekan. Sekarang ini kita menunggu pesawat Garuda GA-198, Lion JT-392 dan JT 296 dari Jakarta," katanya.

Data Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyebutkan, setiap hari tidak kurang dari 66 kali pesawat terbang melakukan aktivitas landing atau pendaratan dan take off atau lepas landas.

Aktivitas penerbangan itu dilakukan 11 maskapai baik rute domestik dan internasional seperti Lion Air, Garuda Indonesia, Batik Air, Indonesia AirAsia, Citilink, Susi Air, Silk Air, AirAsia, Firefly, Sriwijaya Air dan Malindo Air.