Dinkes Riau Periksa Kesehatan Anggota Manggala Agni

id dinkes riau, periksa kesehatan, anggota manggala agni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personel pemadam kebakaran Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Posko Kesehatan Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat.

"Pemeriksaan dilakukan terhadap 27 orang personel Manggala Agni untuk memastikan kesehatan mereka setelah cukup lama berada dilapangan berjuang memadamkan kebakaran lahan dan hutan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Penanggulangan Krisis Kesehatan Sumber Dayama Manusia dan Kesehatan Olahraga (PKKSDMKOM) Dinkes Riau Jon Kenedy.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi pengecekan tekanan darah, pemeriksaan mata dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Dinas Kesehatan Riau juga berupaya menyediakan alat kesehatan yang diminta oleh anggota Manggala Agni di lapangan seperti oksigen "portable", tetes mata maupun anti bisa ular.

"Untuk anti bisa ular ini, koordinator regu diharapkan dapat bekerjasama dengan dokter di posko karena penyimpanan obat ini memerlukan pendingin. Dan ini sudah disanggupi oleh tim kesehatan di pos kesehatan Rimbo Panjang," katanya.

Koordinator Pemadam Manggala Agni Rony Rodesa menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi layanan pemeriksaan kesehatan tersebut karena seluruh personel telah bekerja memadamkan kebakaran lahan dan hutan sejak bulan Juni 2015.

Semenjak ditetapkannya darurat pencemaran udara, para personel Manggala Agni tersebut bertugas memadamkan titik api di daerah Rimbo Panjang dan berposko di Kantor Desa Rimbo Panjang.

Rony berharap pemeriksaan kesehatan tersebut lebih sering dilakukan untuk mengetahui secara persis keterbatasan obat dan oksigen personel pemadam kebakaran yang menjadi ujung tombak penanggulangan bencana asap.

"Di lapangan saat ini kendalanya hanya kurang tersedianya jumlah air yang ada di dasar lahan gambut. Apalagi ada kegiatan terakhir kami yaitu menghabiskan bara-bara api yang masih ada di dalam lahan gambut," katanya.

Menurut dia, untuk pemeriksaan kesehatan kami sudah di arahkan ke Poskesdes dan ini adalah kedua kalinya kami melakukan pemeriksaan kesehatan setelah yang pertama di Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Walaupun ada juga anggota kami sakit tetapi ini memang tanggung jawab kita dalam memadamkan api dan mungkin mereka hanya kelelahan saja," katanya.