Malaysia Siap Bayar Rp10 Miliar Untuk Kampar

id malaysia siap, bayar rp10, miliar untuk kampar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Malaysia melalui perusahaan negara setempat siap membayar 3 juta ringgit atau sekitar Rp10 miliar untuk menerapkan Program Rumah Tangga Mandiri Pangan Energi yang dipatenkan Pemerintah Kabupaten Kampar, Riau.

"Tawaran itu mereja ajukan langsung dan mereka menyatakan keseriusan mereka," kata Bupati Kampar Jefry Noer saat mendampingi sejumlah tamu untuk meninjau lahan percontohan RTMPE di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Suak Hulu, Kampar, Jumat sore.

Jefry menjelaskan nilai Rp10 miliar itu belum termasuk biaya royalti atau jual putus jika program tersebut dilaksanakan di banyak tempat di Malaysia.

"Doakan, jika ini trelaksana saya akan menyumbangkan sebagian dana tersebut untuk membantu masyarakat miskin di Kampar," kata Jefry.

Sebelumnya Pemerintah Malaysia telah mendatangkan utusan untuk meninjau Program RTMPE Kampar.

Profesor Asan Ali Golam Hassan dari Malaysia ketika itu menyatakan, Program RTMPE yang dijalankan Pemerintah Kampar sangat potensial dikembangkan hingga menguatkan ekonomi nasional.

"Di Malaysia juga belum ada program seperti ini," kata Asan yang juga merupakan tenaga akademik di University Utara Malaysia.

Asan beberapa waktu lalu datang bersama sejumlah pengusaha asal Malaysia dan dalam negeri serta kalangan pers dan staf pribadi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Bupati Kampar Jefry Noer ketika itu turut mendampingi rombongan meninjau lokasi lahan percontohan RTMPE di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu.

Kemudian pihak Malaysia lainnya yakni Investor Tim Malaysia Technology Development Corproration (MTDC) juga telah mengunjungi lahan percontohan RTMPE.

MTDC juga telah menanamkan modalnya untuk pengolahan sawit dengan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Ketua Tim MTDC Rahman mengatakan, bahwa pihaknya ingin belajar dari program RTMPE serta berencana akan membuat RTMPE di negeri Malaysia nantinya

Selain tim MTDC, Bioalpha yang juga dari Malaysia pun ikut tertarik untuk mengembangkan RTMPE di Malaysia khususnya di perusahaan Bioalpha Holdings Berhad. Tim Bioalpha yang diketuai oleh William sangat tertarik pada RTMPE. (Adv)