Pemilih Tetap Pilkada Riau 2,3 Juta Jiwa

id pemilih tetap, pilkada riau, 23 juta jiwa

Pemilih Tetap Pilkada Riau 2,3 Juta Jiwa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Riau (KPUD Riau) menetapkan pemilih tetap untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di sembilan kabupaten/kota yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015, berjumlah sebenyak 2.355.753 jiwa.

"Data pemilih tetap tersebut berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penetapan daftar pemilih tetap yang dilakukan jajaran KPU di sembilan kabupaten/kota," kata Ketua KPUD Riau Nurhamin kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan jumlah DPT pilkada sembilan kabupaten/kota tersebut terdiri dari 1.207.703 laki-laki dan 1.148.050 perempuan, dengan jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 7.282 TPS.

"Jumlah TPS tersebut tersebar di 111 kecamatan atau 1.285 desa dan kelurahan," ujarnya

Ia mengatakan bahwa dari sembilan KPU kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada mendatang, KPU Kabupaten Rokan Hilir yang paling akhir melakukan rapat pleno penetapan DPT.

"KPU Rokan Hilir terpaksa memilah DPT secara manual karena adanya gangguan sistem online kita. Sempat ada kekurangan 33 ribu lebih DPT tapi sudah dapat diatasi," katanya.

Sementara itu, menjelang tujuh hari ke depan Nurhamin mengimbau kepada masyarakat untuk turut aktif memeriksa apakah nama mereka terdaftar di panitia pemilihan masing-masing desa sehingga tidak ditemukan adanya masalah dikemudian hari.

Ia mengatakan jika tidak menemukan namanya yang seharusnya terdaftar maka dipersilahkan untuk melaporkan diri ke panitia lokal di masing-masing desa. Selain itu, selama sepekan kedepan sebelum ditetapkannya DPT 1 Nurhamin juga meminta kepada peserta Pemilu untuk aktif memeriksa DPT.

"Kalau merasa dirugikan bisa langsung melapor," ujarnya.

Menurut dia, tahapan selanjutnya pascapenetapan DPT yang akan dilakukan jajaran KPU di sembilan kabupaten/kota adalah persiapan berbagai keperluan logistik untuk proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Jumlah DPT dan TPS akan menjadi patokan untuk pengadaan logistik secara keseluruhan," katanya.

Selain itu konsentrasi KPU juga akan mengarah ke laporan dana kampanye yang akan dilakukan pada pertengahan Oktober 2015 mendatang.

Terdapat sembilan kabupaten dan kota di Riau yang turut serta menyelenggarakan Pilkada serentak yakni Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Indragiri Hulu dan Meranti.