Laut Dan Bandara Minangkabau Prioritas Akibat Asap

id laut dan, bandara minangkabau, prioritas akibat asap

Laut Dan Bandara Minangkabau Prioritas Akibat Asap

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menyebut pemulangan 4.017 orang jamaah haji Riau ke daerah asal menempuh jalur laut dan Bandara Internasional Minangkabau Padang akibat asap menutupi bandara Pekanbaru.

"Bagi jamaah haji terbiasa jalur laut, maka kita persilakan untuk tempuh jalur tersebut dari debarkasi Batam. Sedangkan lewat udara, maka kita siapkan alternatif melalui Bandara Minangkabau," papar Kakan Kemenag Provinsi Riau, Tarmizi Tohor di Pekanbaru, Senin.

Ia berujar, kebijakan itu merupakan alternatif karena Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru belum bisa berfungsi akibat jarak pandang terbatas, sehingga membahayakan keselamatan terutama bagi jamaah haji.

Seperti diketahui, sebulan lebih terakhir bandara terletak di Ibu Kota Provinsi Riau terganggu akibat asap kebakaran di Sumatera. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, bandara di Pekanbaru lumpuh seperti kemarin 68 penerbangan dibatalkan.

Musim haji tahun 2015, embarkasi Batam memberangkatkan 8.901 orang calon haji terdiri dari 795 orang asal Kepri (kloter 1 dan 15), 4.026 asal Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 asal Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 asal Jambi (kloter 16-20).

Hari ini, ucap Tarmizi, 223 orang jemaah hari dari Kabupaten Rohul diterbangkan menggunakan pesawat dari Batam ke bandara di Padang. Selanjutnya, rombongan jemaah akan menempuh jalur darat menuju Pasir Pengaraian menggunakan bus.

"Sedang sisanya jamaah Bengkalis, bertolak dari Pelabuhan Sekupang Batam ke menuju Bengkalis gunakan kapal cepat. Kalau jemaah Bengkalis, mereka sudah terbiasa. Selama ini tempuh jalur laut dari Bengkalis ke Batam atau sebaliknya," kata dia.

Bagi 455 orang jamaah haji kloter 3 debarkasi Batam berasal dari 307 jamaah Kabupaten Rokan Hilir dan 138 jamaah Kabupaten Pelalawan tiba hari ini, lanjut dia, mereka akan menginap selama satu malam di asrama haji Batam dan dipulangkan esok.

"Tetap ada alternatif, apa jalur laut atau diterbangkan ke Padang. Sampai saat ini kami terima informasi, jarak pandang di Pekanbaru masih 400 meter. Jadi kita lihat kondisi kabut asap hingga esok hari," terangnya.

Data Kemenag Provinsi Riau menyebut musim haji tahun ini, sembilan orang jamaah daerah itu meninggal dunia di Tanah Suci, sehingga 4.017 jamaah akan kembali ke Tanah Air dari total diberangkatakan 4.026 orang dalam sembilan kloter.