BPT-PM: Investasi Pekanbaru Terganggu Karena Asap

id bpt-pm investasi, pekanbaru terganggu, karena asap

BPT-PM: Investasi Pekanbaru Terganggu Karena Asap

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPT-PM) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengungkapkan setelah diselimuti kabut asap dua bulan terakhir, tidak ada investasi baru yang masuk ke wilayah tersebut, karena lumpuhnya transportasi udara.

"Diawal tahun pertumbuhan modal dalam maupun asing per bulannya melejit capai 25 persen, sekarang tidak ada penambahan sudah dua bulan ini," ungkap plt Kepala BPT-PM, Pekanbaru, M. Jamil, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut M. Jamil, kabut asap yang membuat Bandara Sultan Syarif Kasim II lumpuh, sangat merugikan bagi perekonomian ibu kota Provinsi Riau karena telah membuat pemilik modal dalam negeri maupun asing menunda realisasi yang akan ditanamkan di Pekanbaru.

M Jamil mencontohkan sekitar awal tahun kemarin sudah ada investor dalam negeri yang melakukan pengurusan perijinan untuk berinvestasi di Pekanbaru dengan nilai Rp4 triliun.

"Namun hingga kini sang pemilik modal belum juga merealisasikan proyeknya, padahal kemarin saat mereka mengisi form isian diperkirakan akan terealisasi tahun ini," ujar M. Jamil.

Menurut M. Jamil, itu hanya sekelumit, masih ada lagi yang lainnya juga sedang menahan dananya masuk ke Pekanbaru karena memang akses untuk ke negeri ini lumpuh, kalaupun bisa dipaksakan harus mutar lewat Padang dan jalan darat ke tujuan.

M. Jamil juga membuktikan investasi jalan di tempat yang masuk dengan melihat jumlah realisasi proyek yang sudah berjalan pada awal tahun dibandingkan dengan dua bulan terakhir ini.

"Kalau awal tahun melejit hingga realisasi pada semester I mencapai Rp1,8 triliun. Setelah itu hingga September belum ada lagi penambahan," katanya.

Aidil Fitsen, salah seorang pengacara di Pekanbaru, mengakui merasa dirugikan karena lumpuhnya bandara SSK II. Sedianya harus ke Jakarta guna mengurus perkara, jadi batal dan tertunda.

"Saya jadi rugi puluhan juta untuk batal satu kali berangkat," ujarnya.

Ia mengeluhkan jika kondisi ini terus berlangsung maka lebih banyak kerugian yang dialami.