BAZ Kuansing Kumpulkan Dana Rp8 Miliar

id baz kuansing, kumpulkan dana, rp8 miliar

BAZ Kuansing Kumpulkan Dana Rp8 Miliar

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil mengumpulkan dana mencapai Rp8 miliar terhitung hingga Oktober 2015.

" Jumlah tersebut termasuk dari BAZ kecamatan dan kabupaten," kata pengurus Badan Amil Zakat (BAZ) Kuantan Singingi (Kuansing) Jefri di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, dengan terkumpulnya dana BAZ ini tentu banyak hal yang dapat dilakukan oleh pengurus khususnya di bagikan kepada yang berhak menerimanya sehingga ekonomi warga dapat terbantu.

Dana itu terkumpul dari BAZ kabupaten jumlahnya mencapai Rp2,2 miliar dan dari Kecamatan Rp5,9 miliar, ini dari zakat profesi PNS dan 20 persennya dari masyarakat umum.

" Zakat ini disalurkan saat bulan Ramadhan," sebutnya.

Pihak pengurus juga telah menyalurkan uang itu untuk fakir miskin Rp600 juta, Rumah Layak Huni Rp625 juta, sedangkan dari BAZ kecamatan disalurkan untuk siswa sekolah.

" Zakat produktif disalurkan untuk masing - masing kelompok ternak senilai Rp10 juta," ujarnya.

Selain itu, zakat ini juga disalurkan untuk biaya kuliah mahasiswa yang belajar di luar negeri agar dapat terbantu sebagai bentuk kepedulian, namun sebelumnya yakni tahun 2014 disalurkan untuk mahasiswa UNIKS.

Salah satu Tokoh Agama Kuansing Heri (45) mengatakan, dengan ada BAZ maka banyak kegiatan kemasyarakatan dan sosial dapat dilaksanakan.

Besarnya jumlah dana yang terkumpul menunjukan bahwa tingginya pemahaman PNS untuk melaksanakan kewajibanya selama ini, dan diharapakan kedepan akan lebih besar lagi, namun di minta juga pengurus memberikan bantuan kepada panti jompo atau orang tua yang tidak bisa bekerja lagi.

" Mereka juga butuh perhatian," ujarnya.