Pembangunan Fisik RSUD Pekanbaru Capai 60 Persen

id pembangunan fisik, rsud pekanbaru, capai 60 persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengatakan realisasi pembangunan fisik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru type C diperkirakan mencapai 60 persen dari target pembangunan pada tahun ini.

"Untuk tiang sudah selesai dibangun dan bagian bangunan sudah terlihat jelas. Tahun ini memang baru sekitar 60 persen sisanya tahun depan," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus. di Batam, Selasa.

Firdaus menjelaskan, demi memenuhi kebutuhan akan Rumah Sakit (RS) murah dan berkualitas bagi masyarakat menengah kebawah, Pemerintahan Kota (Pemko) Pekanbaru terus memantau dan mempercepat pembangunan RSUD Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Garuda Sakti Tampan.

Karena Pemerintah Kota ingin fokus memberikan pelayanan kesehatan yang nyaman dan murah untuk warga Pekanbaru. Salah satu upaya kongkret dengan membangun RSUD yang selama ini belum dimiliki Kota Pekanbaru.

Sementara selama ini RSUD Arifin Achmad Pekanbaru dikelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Setelah bangunan ini selesai dan alat kesehatan dari pusat sudah ada, RSUD ini sudah bisa melayani masyarakat Pekanbaru, terutama masyarakat kurang mampu," kata Firdaus lagi.

Wako Pekanbaru menambahkan, RSUD milik Pemko ini dibangun dengan konsep "Green Hospital" yang ramah lingkungan. Dengan begitu, pasien yang masuk tidak merasa sedang berada di rumah sakit, akan tetapi disuatu ruangan yang akan memberikan rasa nyaman, tenang sehingga diharapkan pasien segera sembuh, dan tidak trauma berobat ke RS.

Masih lanjut Firdaus, pembangunan RSUD type C Kota Pekanbaru ini juga akan menjadi rujukan daerah dari seluruh Puskesmas se-kota Pekanbaru.

Sebagai informasi pembangunan RSUD Kelas C Pekanbaru ini, dianggarkan Rp 95 miliar dalam tiga kali anggaran multiyears di APBD Pekanbaru 2014-2016.

Anggaran tersebut hanya diperuntukkan ke pembangunan fisik, sementara alat kesehatan tidak dimasukkan kedalamnya, karena diharapkan akan didapat dari bantuan pusat melalui Kementerian Kesehatan.

Sebelumnya diberitakan, RSUD Pekanbaru tipe C ini akan di bagun pada lahan 3,5 hektare di Jalan Garuda Sakti, dengan biaya yang dianggarkan dalam tiga tahun berturut-turut, pertama pada APBD tahun 2014 nilainya Rp5 miliar, ini di peruntukkan bagi pengadaan tanah. Kemudian ditahun ini dianggarkan sebesar Rp45 miliar untuk pembangunan fisik RSUD. Terakhir tahun 2016 sebesar Rp45 miliar untuk kelengkapan dan isi RSUD.