Presiden Akan Tinjau Penanganan Kebakaran Lahan Kampar

id presiden akan, tinjau penanganan, kebakaran lahan kampar

Presiden Akan Tinjau Penanganan Kebakaran Lahan Kampar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berencana meninjau penanganan kebakaran lahan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, sekaligus melihat sisa-sisa lahan terbakar yang saat ini telah berhasil dipadamkan.

"Tadi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga telah datang ke lokasi lahan bekas terbakar di Desa Rombo Panjang, Kecamatan Tambang, Kampar, untuk persiapan penyambutan Presiden Jokowi," kata Kepala Bagian Humas Pemerintahan Kabupaten Kampar, Sabaruddin lewat sambungan telepon, Kamis malam.

Sabaruddin mengatakan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama sejumlah kepala daerah, khususnya dengan Bupati Kampar Jefry Noer juga telah menggelar pertemuan untuk berkoordinasi berkaitan dengan rencana tersebut.

"Lanjutannya, kami di Kampar, bersama kepala dinas terkait juga telah menggelar rapat penyambutan presiden," katanya.

Ia menjelaskan, sejauh ini informasi kedatangan Presiden Jokowi masih belum dapat dipastikan mengingat kondisi kabut asap yang begitu pekat di atas udara Riau.

Namun dari kabar yang diperoleh, lanjut dia, Presiden Jokowi akan mengunjungi lokasi lahan bekas terbakar di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, serta layanan kesehatan di Puskesmas setempat.

"Kemudian ada juga yang menginformasikan jika presiden juga akan melakukan Shalat Jumat berjamaah di Bangkinang, pusat pemerintahan Kampar," katanya.

Tadi, demikian Sabaruddin, Paspampres juga telah meninjau lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi, termasuk kesiapan pengamanan lapis kedua dengan melibatkan aparat kepolisian dan TNI.

"Waktu gladiresik tadi, pengamanan memang diperkuat di lokasi lahan bekas terbakar itu, kemudian di posko layanan kesehatan yang berlokasi tepat di depan Puskesmas Tambang," katanya.

Informasi dari Pemerintah Provinsi Riau, saat ini Presiden Jokowi sedang berada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Presiden menginap di kota wisata itu untuk kemudian datang ke Riau dengan menggunakan helikopter.

Menurut informasinya, ini merupakan rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Kampar yang kedua, setelah sebelumnya sempat gagal akibat kabut asap menghambat perjalanan udara presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dikabarkan juga datang ke Kampar dengan membagikan 700 "Kartu Jitu".

Kartu Jitu yang akan dibagikan itu adalah Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), serta Kartu Indonesia Sehat (KIS). (Adv)