Pekanbaru Dorong Petani Kembangkan Cabai Dan Bawang

id pekanbaru, dorong petani, kembangkan cabai, dan bawang

 Pekanbaru Dorong Petani Kembangkan Cabai Dan Bawang

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Riau mendorong petani untuk menanam cabai merah dan bawang merah dengan memberikan bantuan bibit untuk ditanam di lahan 10 hektare.

"Ini dana yang kami usulkan ke pusat melalui Kementerian Pertanian tahun 2015 ini," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, El Syabrina di Pekanbaru, Jumat.

Menurut El, bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ini sudah disetujui dan segera digelontorkan.

"Nilainya sekitar Rp75 juta per hektare untuk total luasan tanaman cabai merah dan bawang merah 10 hektare," urai El.

El menilai upaya mendorong pertanian cabai merah dan bawang merah untuk petani Pekanbaru dilakukan untuk menambah ketersediaan kedua komoditas ini di pasaran lokal.

Karena selama ini, cabai dan bawang merah yang beredar di pasar Pekanbaru itu berasal dari luar provinsi Riau seperti Jawa untuk bawang dan dari Sumbar dan Medan untuk cabai dan lainnya.

Sehingga tidak jarang kedua kebutuhan pokok yang permintaannya tinggi di Pekanbaru berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau sering menjadi pemicu inflasi saat pasokannya mulai terganggu.

"Makanya dengan adanya upaya pengembangan lahan cabai dan bawang di Pekanbaru setidaknya bisa jadi penyangga stok saat pasokan terganggu," urai El.