PKS Riau "Sulap" Kantornya Untuk Korban Asap

id pks riau, sulap kantornya, untuk korban asap

PKS Riau "Sulap" Kantornya Untuk Korban Asap

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Riau menyulap kantor sekretariatnya sebagai tempat evakuasi bagi orang lanjut usia, ibu hamil, bayi dan balita yang menjadi korban dampak kabut asap kebakaran lahan dan hutan.

"Kami buka posko untuk lansia, bayi dan ibu hamil untuk antisipasi asap. Karena banyak kasusnya bayi baru lahir kesulitan rumahnya tak ada pendingin udara. Ambulans juga sudah sedia. Ini segera diambil tindakan,meskipun struktur bidang DPW PKS belum selesai," kata Ketua Umum DPW PKS, Hendri Munif di Pekanbaru, Jumat.

Dia sendiri baru dilantik sejak 4 Oktober lalu bersama beberapa Badan Pengurus Harian DPW PKS dan belum ada struktur lainnya. Selain dia, empat lainnya adalah Wakil Ketua Dian Suheri, Sekretarus Umum Imam Zamroni, dan Benahara Umum Markarius Anwar.

Dian Suheri, yang menjadi tanggungjawab posko mengatakan satu ruangan di lantai 1berkapasitas untuk empat keluarga. Kemudian di lantai dua dengan ruangan 4 x 6 juga tersedia empat yang lengkap dengan pendingin udara.

"Kedatangan dua keluarga menginap, itu dijemput dengan siapkan ambulans. Dilengkapi alat-alat dan tenaga medis kerjasama dengan klinik seperti Insani dan Rumah Zakat," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, untuk masyarakat yang tidak menginap namun berobat ke posko juga telah banyak. Selama dua hari, kata dia, sudah 23 orang melakukan pemeriksaan

"Kita akan tetap siagakan posko dengan ruang tamu disulap jadi kasur, oksigen, tenaga medis, dan alat pendukung lainnya. Hari ini memang sudah cerah tapi siapa tahu besok ada lagi asap," sebutnya.

Ditambahkannya bahwa memang pihaknya tidak bisa menampung banyak, tapi ini inspirasi bagi lembaga lainnya yang punya ruang berpendingin udara. Kalau semua partai bisa membuat seperti ini pasti akan terbantu daripada marah-marah saja, lebih baik "action" walaupun kecil.

"Kita lihat masyarakat marah sepertinya ke partai politik dan dewan. Kalau ke pemerintah tidak asing lagi, makanya kita jawab dengan posko ini dua minggu lagi. Kalau membagi masker kita sudah tak terhitung lagi," jelasnya.

Bendahara Umum Markarius Anwar menambahkan respon terhadap posko ini cukup luar biasa dari luar Riau. Banyak pihak ingin membantu menanya nomor rekening dan sekarang sedang disiapkannya.