Pedesaan Riau Alami Deflasi 0,72 Persen

id pedesaan riau, alami deflasi, 072 persen

Pedesaan Riau Alami Deflasi 0,72 Persen

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat bahwa sepanjang September 2015, pedesaan Riau mengalami deflasi sebesar 0,72 persen.

"Deflasi perdesaan disebabkan antara lain oleh turunnya indeks pada dua kelompok pengeluaran yakni konsumsi rumah tangga dan kelompok perumahan," kata Kepala BPS PRovinsi Riau, Mawardi Arsad, dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia, Perubahan Indeks Konsumsi Rumah Tangga (IKRT) mencerminkan angka inflasi atau deflasi yang terjadi pada suatu wilayah pedesaan.

Ia mengatakan, dua kelompok pengeluaran konsumsi rumah tangga yang mengalami penurunan yakni kelompok bahan makanan yang turun sebesar 1,78 persen.

"Sedangkan kelompok perumahan yang mengalami penurunan hingga mempengaruhi terjadinya defalasi di pedesaan Riau adalah mencapai 0,45 persen," katanya.

Sementara itu, indeks pada kelompok makanan jadi, rokok dan tembakau justru mengalami kenaikan sebesar 0,26 persen, kelompok sandang naik sebesar 0,17 persen, kelompok kesehatan naik sebesar 0,35 persen.

"Kenaikan indeks juga terjadi pada kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga naik sebesar 0,18 persen, serta kelompok transportasi dan komunikasi mengalami kenaikan indeks sebesar 0,26 persen," katanya.