Calon Walikota Dumai Imbau Relawan Memahami Aturan

id calon walikota, dumai imbau, relawan memahami aturan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Calon Wali Kota Dumai Zulkifli AS mengimbau masyarakat pendukung dan relawan untuk memahami aturan Pilkada yang dibuat agar tercipta pesta demokrasi yang aman tertib dan kondusif.

Dia juga meminta agar pendukung dan relawan diberikan pendidikan politik supaya dalam pelaksanaan tahapan pemilu kepala daerah ini dapat berlaku santun dan saling menghormati antar sesama pendukung kandidat wali kota yang lain.

"Kandidat dan tim tidak boleh melanggar ketentuan, karena itu para pendukung dan relawan agar diberikan pencerahan dan pembekalan tata cara berpolitik yang santun dan taat aturan," tegas dia, Sabtu.

Menurut kandidat nomor urut dua ini, kelompok pendukung dan relawan harus memahami aturan bertujuan untuk mengantisipasi dan mengawasi tindak pelanggaran pemilu yang terjadi di lapangan.

Tujuan pemilu, lanjut dia, akan dapat tercapai dengan baik jika sikap semua pihak terkait dapat saling mengawasi dan mengedepankan sikap saling menghormati dan etika berpolitik yang santun.

"Diharapkan selama masa kampanye ini dapat dimanfaatkan dengan bersosialisasi mengenalkan pasangan calon yang diusung dengan tertib dan santun serta menjaga suasana aman kondusif," harap dia.

Calon wali kota yang diusung Gerindra, Nasdem, Demokrat dan PKB ini juga mengakui partisipasi masyarakat pendukung yang membentuk kelompok relawan terus mengalir dengan murni dari kesadaran sendiri, dan diharapkan bisa bekerja meraih kemenangan.

Ketua Tim Koalisi Pemenangan Samsul Bahri menilai bahwa pembentukan relawan adalah wujud tanggungjawab dan keseriusan partisipasi masyarakat dalam upaya memenangkan pasangan calon yang didukung.

Dia menegaskan dalam pelaksanaan kampanye seluruh relawan harus menjaga ketertiban dan keamanan serta tidak melakukan pelanggaran yang dapat merusak tujuan penyelenggaraan pilkada 2015 yang dijadwalkan 9 Desember mendatang.

"Sampaikan program dan visi misi calon diusung ke masyarakat dengan baik dan tidak menjatuhkan kandidat lain supaya masa kampanye ini berlangsung damai dan kondusif," sebutnya.

Untuk pelaksanaan Pilkada 2015, Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 170.883 jiwa tersebar di 33 kelurahan 7 kecamatan daerah ini.

Pilkada Dumai diikuti lima pasang calon, yaitu, Muhammad Ikhsan-Yanti Komala, Zulkifli AS-Eko Suharjo, Amris-Sakti, Abdul Kasim-Nuraini dan Agus-Widayat-Maman Supriyadi.