Satgas Udara Tidak Ada Hari Libur

id satgas udara, tidak ada, hari libur

Satgas Udara Tidak Ada Hari Libur

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komandan Satgas Udara Riau, Marsma TNI Henri Alfiandi, mengatakan upaya pemadaman dari udara akan terus dilakukan tanpa memandang hari libur. Setiap pagi tim yang terdiri dari Lanud Roesmin Nurjadin, BPBD Riau, BMKG Riau dan BPPT yang berada langsung di bawah kendali Satgas Udara saling membahu dalam penanggulangan kebakaran lahan.

"Tak hanya itu, tim juga terus berkoordinasi dengan tim Satgas Darat yang berada di masing-masing wilayah untuk melaksanakan pengecekan secara langsung ke lokasi untuk memverifikasi keberadaan titik api tersebut," kata Marsma Henri yang juga Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Ia mengatakan "water bombing" terus dilakukan oleh tiga helikopter sewaan BNPB, yakni jenis Sikorsky S61A, MI-171 dan Kamov KA32. Kemudian, pesawat Cassa-212 dari BPPT pun melakukan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) ke titik koordinat yang telah ditentukan sehingga membuat jumlah hotspot yang ada di Provinsi Riau dapat dikendalikan dan diminimalisasi hingga tuntas.

Seluruh kegiatan penerbangan heli dan pesawat dikendalikan langsung dan terawasi oleh Tim Satgas Udara melalui radar yang dipasang di masing-masing pesawat baik menggunakan "spidertrack", "tracplus" dan "traceweb".

"Ketika api yang ada tidak dapat dipadamkan oleh tim Satgas Darat, maka tim disinilah letak peran Satgas Udara untuk segera memadamkan api tersebut dengan mengirimkan Helikopternya untuk melaksanakan "water bombing", katanya.