Pemkab Rohil Kembali Bagikan Gaji Guru Honorer

id pemkab rohil, kembali bagikan, gaji guru honorer

Pemkab Rohil Kembali Bagikan Gaji Guru Honorer

Tanah Putih, Rohil (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau kembali membagikan gaji guru honorer tingkat Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan Raudatul Athfal (RA) tahap ke II untuk wilayah Kecamatan Tanah Putih, Pujud, Tanah Putih Tanjung Melawan, Bangko Pusako dan Rantau Kopar.

Pembagian dilakukan secara simbolis oleh Bupati Rokan Hilir H. Suyatno di Gelanggang Olahraga (GOR) Kepenghuluan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Senin.

Turut hadir pada acara itu Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) H. Agustiar, Camat Tanah Putih Suryadi, dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Rokan Hilir H. Suyatno menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada majelis guru yang selama ini telah mencurahkan ilmu agama kepada para siswa.

"Saya berharap para guru untuk tetap semangat memberikan ilmu kepada peserta didik dan pastinya pemerintah daerah tidak akan tinggal diam akan terus berupaya meningkatkan gaji guru honorer," janji Bupati.

Sementara itu, Kepala Kemenag Rohil H. Agustiar mengatakan, guru yang menerima gaji tersebut sebanyak 1.255 orang untuk lima kecamatan meliputi Kecamatan Tanah Putih, Pujud, Tanah Putih Tanjung Melawan, Bangko Pusako dan Rantau Kopar.

"Ini merupakan gelombang ke dua, sebelumnya juga sudah dibagikan di Bagansiapiapi untuk delapan kecamatan," ujar Agustiar.

Pihaknya berterima kasih kepada Pemkab Rohil yang telah menganggarkan gaji guru honorer MDTA, TPA dan RA tahun ini mencapai Rp26 Milyar.

"Kita berharap tiap tahun gaji guru meningkat dengan tujuan agar mereka semangat dalam memberikan ilmu kepada siswa," harap Agustiar.

Seperti diberitakan sebelumnya, anggaran gaji honor MDTA, TPQ dan RA tahun 2015 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan 2014 lalu hanya sebesar Rp 13 Milyar.

Hal ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap jasa yang tidak ternilai oleh para guru pendidikan agama di Negeri Julukan Seribu Kubah.

Secara keseluruhan terdapat 3.920 guru tingkat MDTA, RA dan TPQ yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

Untuk jumlah yang diterima ditingkat RA tahun 2014 setiap tahunnya guru menerima Rp2.460.000 dan tahun ini menjadi Rp5.100.000, sementara di tingkat MDTA tahun 2014 menerima Rp4.860.000 meningkat menjadi Rp8.400.000, sedangkan untuk tingkat TPQ tahun 2014 berjumlah Rp2.040.000 dan tahun 2015 menjadi Rp2.580.000. (Adv)

Oleh Dedi Dahmudi